3 Cara Mudah Pandai Berbahasa Inggris Menurut Pakar

86 views

Seorang profesor pun mengakui bahwa belajar bahasa bukanlah tugas yang mudah. Diperlukan waktu dan dedikasi. Ada sejumlah besar kata dan frasa yang harus diingat. Kemudian, sekalipun kamu sudah menghafal semua kata dan frasa tersebut, kamu masih harus menyusunnya menjadi kalimat, menatanya dengan tata bahasa yang benar, lalu dengan percaya diri mengucapkannya dalam kehidupan nyata untuk berinteraksi dengan orang-orang yang sesungguhnya. Sungguh suatu proses yang panjang, bukan?

Tidak mengherankan bila orang memilih untuk mengambil kelas di EF Adults Indonesia. Karena memang faktanya, mengumpulkan keberanian untuk berbicara menggunakan bahasa asing itu tidak mudah.

Lalu, apakah EF Adults Indonesia saja cukup untuk menjadikan kamu orang yang cakap berbicara bahasa Inggris? Tidak. Waktu satu atau dua jam saja sehari untuk belajar bahasa Inggris tidak menjamin kamu bisa piawai menggunakan bahasa ini. Kamu sendiri memerlukan usaha yang lebih dari sekadar ikut kursus.

Ada tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk mempermudah proses belajar kamu. Cara ini diperkenalkan oleh Profesor Evan Kidd dari lembaga pengembangan bahasa bernama ARC Centre of Excellence for the Dynamics of Language.

Pertama, gunakan frasa yang kamu sudah pahami. Kamu pasti pernah membaca, menonton film, atau mendengarkan lagu. Di sana kamu melihat banyak frase. Ada yang menyangkut satu di dalam kepala. Bisa jadi, karena artinya unik atau bagus. Nah, kemudian, agar frase tersebut tidak mudah hilang dari ingatan, gunakan dalam kalimat. Ganti kata-kata kerja dan kata benda yang ada dalam frasa. Gunakan kata-katamu sendiri. Itu cara anak kecil belajar.

Kedua, ingat-ingat. Pertama kali masuk ke tempat les bahasa Inggris Surabaya, misalnya, kamu belajar kosakata (vocabulary) dan tata bahasa (grammar). Ingat semua apa yang kamu dapatkan hari itu. Kaitkan dengan kejadian yang kamu alami di hari yang berkesan tersebut.

Itu cara yang bisa mempermudah kamu dalam menghafal kosakata dan grammar. Kaitkan kata-kata yang kamu hafal dengan kejadian yang kamu alami. Sederhana, bukan?

Ketiga, gunakan sesering mungkin untuk berbicara. Menurut profesor Kidd, salah satu cara paling ampuh menempelkan kata-kata baru ke dalam kepala adalah mengucapkannya, menggunakannya dalam kalimat, dan pakailah untuk berinteraksi dengan orang-orang sesering mungkin.

 

 

 

 

 

Leave a reply "3 Cara Mudah Pandai Berbahasa Inggris Menurut Pakar"

Author: 
    author