3 Tips Meminta Kenaikan Gaji

508 views

tips-meminta-kenaikan-gajiTak semua karyawan pernah minta kenaikan gaji. Padahal bisa jadi mereka sudah berhak mendapatkannya. Bagaimana sih cara meminta kenaikan gaji? Kapan dan bagaimana cara yang pas untuk mengajukannya?

Berikut ini3 tips meminta kenaikan gaji:

Posisi Tawar Lebih Kuat

Adalah wajar jika tiap karyawan yang menanggung pekerjaan lebih berat mengusulkan konpensasi yang lebih besar kepada atasannya. Dalam situasi dimana terjadi PHK, maka karyawan yang tetap dipertahankan perusahaan seharusnya tak perlu merasa takut untuk mengajukan tambahan gaji dan konpensasi.

Baca juga : Tips Mengatasi Stres Di Tempat Kerja

Karyawan semacam ini sebenarnya memiliki posisi tawar (bargaining power) yang cukup kuat. Jangan terlalu yakin bahwa perusahaan yang memberhentikan karyawannya berarti perusahaan itu sudah tak memiliki dana lagi. Bisa jadi memberhentikan karyawan merupakan upaya untuk memotong pengeluaran yang tidak perlu untuk lebih meningkatkan keuntungan perusahaan.

Atasan Anda mungkin berpikir, kalau suatu pekerjaan yang biasa dilakukan oleh dua atau tiga orang bisa dilakukan oleh satu orang saja, kenapa tidak membayar gaji untuk satu orang saja? Nah dalam situasi seperti inilah sebenarnya Anda sangat berhak untuk meminta kompensasi yang lebih besar. Posisi tawar Anda akan semakin kuat jika beban kerja yang bertambah itu juga dibarengi dengan tanggung jawab yang lebih besar. Artinya, Anda harus mengerjakan pekerjaan yang berbeda jenisnya dengan pekerjaan rutin Anda. Misalnya, Anda yang biasanya bertanggung jawab di bidang administrasi diminta juga untuk membantu bagian pemasaran dan sebagainya.

Baca juga : 8 Cara Menjaga Vitalitas Selama Bekerja

Waktu Yang Tepat

Nah, jika Anda sudah siap, maka Anda kini harus memilih waktu yang tepat untuk berbicara kepada atasan Anda. Waktu yang tepat sangat menentukan keberhasilan misi Anda. Jangan lupa untuk membawa dokumen-dokumen penunjang yang berkaitan dengan prestasi kerja Anda.

Saling Menguntungkan

Apapun strategi yang Anda tempuh untuk meminta kenaikan gaji, ada satu prinsip penting yang harus Anda pegang, yakni usulan Anda harus bersifat saling menguntungkan atau win win solution. Tidak peduli betapa bagus atau benarnya alasan Anda untuk meminta kenaikan gaji, namun satu prinsip yang harus Anda pegang adalah jangan pernah mengeluarkan nada mengancam. Jangan pernah mengatakan kepada atasan bahwa Anda lebih memilih keluar jika keinginan  untuk meminta kenaikan gaji Anda tidak terpenuhi.

Demikianlah 3 tips meminta kenaikan gaji kepada atasan Anda. Semoga bermanfaat.

Tags: #Atasan #Kenaikan Gaji #Meminta #Tips