5 Cara Jitu Memotivasi Karyawan di Kantor

1261 views

images (2)

Ingin sukses?

Semua orang yang mendapatkan pertanyaan seperti ini jelas akan menjawab “Ya”.

Namun pada hakikinya ada banyak yang perlu dilalui untuk sampai pada titik sukses tersebut. Akan ada saat dimana manusia merasa pada titik yang begitu rendah hingga kehilangan motivasi, meskipun berada dalam rutinitas pekerjaan yang dicintainya.

Hakikinya manusia tentu akan merasa jenuh ketika melakukan kegiatan yang sama dan ditempat yang sama secara berulang. Bukan hal yang tidak mungkin jika kehilangan semangat pada akhirnya menjadi efek dari titik jenuh ini.

Namun, meski dianggap hal yang manusiawi, tapi tidak dapat dipungkiri bahwa sampainya karyawan pada titik jenuh tentu akan berpengaruh pada kinerjanya.

Lalu siapa yang akan dirugikan disini jika bukan perusahaan?

Dengan demikian, perusahaan perlu memberikan motivasi pada karyawannya. Berikut ini merupakan cara jitu memotivasi karyawan disebuah perusahaan:

  1. Ciptakan Suasana Yang Nyaman Dalam Lingkungan Pekerjaan

Karyawan anda pada hakikinya banyak menghabiskan sebagian besar hidup mereka di kantor. Dengan demikian, menciptakan suasana kantor yang ramah dan menarik bisa menjadi cara pertama dalam memotivasi karyawan.

Berikan karyawan anda ruang yang tidak terlalu sempit, agar mereka memiliki ruang gerak yang lebih. Selain itu, ciptakan ruangan dimana cahaya alami bisa masuk melalui jendela yang bisa dibuka kapan saja.

Kemudian, memberikan ruangan dengan view disekitar yang menenangkan jiwa lewat apa yang dilihatnya, seperti hiasan, tanaman, dll agar karyawan anda nyaman dengan lingkungannya. Anda juga bisa secara rutin mengganti dekorasi ruangan serta hiasan dinding di ruangan tempat karyawan anda bekerja. Beberapa contoh ide interior kantor yang menciptakan suasana nyaman bisa dilihat disini.

  1. Memanfaatkan Space Pada Dinding Kantor

Setiap karyawan anda akan sangat memperhatikan informasi seputar perusahaannya serta lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, memanfaatkan space pada dinding kantor atau membuat tempat khusus dimana setiap informasi bisa didapatkan oleh karyawan merupakan hal yang bisa anda lakukan untuk memotivasi karyawan anda.

Namun hindari untuk selalu menempelkan informasi formal tentang perusahaan. Berikan informasi lain yang akan menciptakan suasana hangat sesama karyawan, seperti informasi mengenai ulang tahun karyawan, prestasi yang didapatkan oleh karyawan, serta penghargaannya.

Selain itu, bebaskan karyawan anda untuk menempelkan kartu ucapan tertentu pada dinding tersebut. Kemudian, anda juga bisa menempelkan slogan motivasi, serta bentuk motivasi lainnya.

  1. Casual Dress

Tidak dapat dipungkiri bahwa menggunakan casual dress justru bisa membuat karyawan anda lebih bersemangat saat bekerja. Mereka akan merasa lebih santai meski harus dihadapkan dengan rutinitas yang sama.

Dengan demikian, anda bisa membebaskan karyawan anda untuk menggunakan casual dress di hari tertentu, untuk mengurangi kesan jenuh saat bekerja.

  1. Pendekatan Secara Emosional

Banyak manager yang secara langsung menegur karyawannya hanya karna satu kesalahan. Perlu diingat bahwa manusia tidak akan berubah dalam waktu yang singkat.

Perubahan tertentu yang mempengaruhi kinerja perlu menjadi pemahaman bagi sebuah perusahaan. Dengan demikian, cari tahu apa yang membebani karyawan anda, gunakan kedekatan emosional dan berikan motivasi serta solusi jika perlu.

Dengan demikian, karyawan anda akan lebih semangat lagi dalam melanjutkan aktifitasnya.

  1. Berikan Bonus serta Penghargaan Bagi Karyawan Berprestasi

Setiap kualitas tentu perlu diberikan apresiasi, begitu pula dengan kualitas dari karyawan anda. Apalagi, kualitas tersebut tentu saja memberikan pengaruh positif bagi kemajuan perusahaan anda.

Dengan demikian, memberikan bonus serta penghargaan pada karyawan anda merupakan cara yang bisa lebih memotivasi karyawan berprestasi termasuk karyawan lainnya. Umumkanlah prestasi tersebut dan beri motivasi juga pada karyawan lainnya.

 

Leave a reply "5 Cara Jitu Memotivasi Karyawan di Kantor"

Author: 
    author