6 Jenis Metode Penelitian yang Wajib Untuk Kamu Ketahui

103 views

Pernahkah kamu berpikir untuk menjadi seorang peneliti? Banyak sekali hal yang dapat kamu lakukan sebagai peneliti salah satunya untuk menemukan sesuatu hal yang sudah berumur panjang seperti prasasti sejarah. Namun untuk menjadi seorang peneliti tentunya kamu harus meneliti berdasarkan jenis metode penelitian yang ada, lalu apa saja jenis metode penelitian itu? Berikut adalah jenis metode penelitian menurut para ahli :

  • Jenis metode penelitian yang pertama adalah dengan penelitian yang deskriptif, yaitu penelitian yang berasal dari deskripsi suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi. Penelitian ini berfokus pada masalah-masalah saat penelitian berlangsung. Untuk variabel yang dapat di teliti pada jenis metode ini adalah satu variabel atau bisa juga lebih dari satu variabel.
  • Jenis metode penelitian yang kedua adalah dengan studi kasus. Pada studi kasus intinya adalah dengan mengetahui serta mempelajari suatu kelompok atau individu yang mengalami suatu masalah atau kasus tertentu. Seperti contohnya seorang anak yang tidak mau atau malas belajar namun orang tua nya tetap memaksanya menjadi juara kelas. Hal ini membuat para peneliti akan mempelajarinya secara mendalam dengan melihat suatu permasalahan dari berbagai aspek.
  • Jenis metode penelitian yang ketiga adalah penelitian survei, tujuan utama dari penelitian ini adalah dengan mengumpulkan informasi tentang suatu variabel tertentu. Survei ini biasa dilakukan dalam jumlah yang kecil ataupun jumlah yang besar tergantung dari kebutuhan suatu penelitian.
  • Jenis metode penelitian yang keempat adalah studi korelasional. Didalam metode penelitian ini mempelajari tentang dua variabel atau lebih, dengan mengukur sejumlah variabel serta menghitung koefisien antara variabel-variabel tersebut.
  • Jenis metode penelitian yang kelima adalah dengan melakukan penelitian eksperimen, jenis metode ini digunakan untuk mengetahui sebab-akibat dari suatu variabel.
  • Jenis metode penelitian yang terakhir adalah dengan metode penelitian dan pengembangan atau biasa di sebut dengan research and development. Didalam penelitian ini akan merangkai sebuah proses untuk mengembangkan dan menyempurnakan suatu produk tertentu. 

Dengan beberapa jenis metode penelitian seperti diatas, apakah kamu sudah memahami penjelasannya? Jika ingin membaca lebih lanjut dan lebih lengkap mengenai metode-metode apa saja yang digunakan didalam sebuah penelitian kamu dapat belajar di ruangguru. Di ruangguru banyak sekali pengajar yang siap mengajarimu dan memberimu ilmu pengetahuan yang kamu butuhkan. Di ruangguru kamu dapat belajar secara menyenangkan dengan dibantu oleh metode belajar yang baik, sehingga belajar tidak membosankan seperti kamu belajar di dalam kelas.

Bagaimana cara untuk belajar bersama ruangguru? Caranya sangat mudah, kamu tinggal mendownload aplikasi ruangguru di hp mu atau kamu bisa gunakan versi desktop di laptop atau komputermu. Setelah mendaftar dan pilih paket belajar kamu dapat mengakses semua produk-produk unggulan dari ruangguru. jangan khawatir, biayanya sangat terjangkau kok ☺

Leave a reply "6 Jenis Metode Penelitian yang Wajib Untuk Kamu Ketahui"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.