8 Cara Menjaga Vitalitas Selama Bekerja

560 views

Menjaga Vitalitas Selama Bekerja

Anda mungkin tak menyadari, gaya hidup di kantor sungguh tak sehat. Bayangkan saja, lima hari seminggu, delapan jam per hari duduk di hadapan komputer, tentu bukan sesuatu yang baik untuk tubuh. Belum lagi, pola makan yang tak teratur. Telat makan atau terlalu sering mengonsumsi camilan untuk menemani kerja menambah ketidakseimbangan sistem kerja organ-organ tubuh. Camilan dan makanan ringan membuat lemak bertumpuk di bagian perut. Belum lagi bila sedang lembur. Tubuh dan mata dipaksa bekerja hingga larut malam. Sementara, Anda harus kembali bekerja esok paginya. Duduk berjam-jam mengakibatkan otot-otot sekitar mata, leher, dan punggung kaku. Alhasil, esok hari saat harus kembali bekerja kondisi tubuh tidak prima. Bila hal demikian terus-menerus terjadi, vitalitas tubuh menurun. Bila vitalitas menurun, performa kerja tentu tak sebaik saat kondisi tubuh fit.

Bila kondisi tubuh tak fit, Anda akan mudah terserang kelelahan, mengantuk, dan tak bergairah. Untuk para wanta karier, hal ini juga mempengaruhi kondisi kulit dan wajah. Kelelahan dan kurang tidur mengakibatkan timbulnya lingkar hitam di sekitar mata, bahkan kerutan wajah! Karenanya, menjaga vitalitas tubuh selama bekerja penting dilakukan. Anda bisa memulai dari mencoba pola hidup sehat. Bila tubuh bugar, pekerjaan pun semakin lancar. Maka tak ada salahnya mencoba beberapa tip menjaga vitalitas tubuh.

Tidur Teratur

Hindari begadang dan bekerja hingga larut malam. Maksimalkan waktu istirahat Anda. Setidaknya tubuh kita memerlukan waktu 8jam sehari untuk beristirahat.

Atur Pola Makan

Kesibukan bekerja membuat banyak orang lupa waktu makan. Pola makan yang sehat dan teratur diperlukan untuk menjaga stamina tubuh agar tak mudah terserang penyakit. Sarapan dan makan siang rangkaian jadwal makan yang penting dari diet seimbang.

Konsumsi Camilan Sehat

Bekerja ditemani makanan ringan memang menambah semangat kerja. Tapi ingat, terlalu banyak mengonsumsi makanan ringan bisa membuat Anda kegemukan. Hindari camilan yang manis seperti cokelat atau minuman bersoda.

Lakukan Olahraga Ringan

Saat ini banyak orang menggalakkan kegiatan bike to work, yaitu menempuh perjalanan ke kantor dengan mengendarai sepeda, bukan kendaraan bermotor. Selain mampu membantu mengurangi polusiĀ  udara juga sangat baik untuk menjaga tubuh agar tetap bugar. Namun bila bersepeda ke kantor tak mungkin dilakukan, Anda bisa menggantinya dengan melakukan olahraga ringan.

Banyak Konsumsi Air Putih

Banyak minum air putih membantu Anda menghindari dehidrasi dan membantu memperlancar peredaran darah. Sekurangnya Anda harus meminum 8-10 gelas air putih per hari. Minum air bukan hanya saat merasa haus, tapi harus dilakukan secara berkala.

Atur Jarak Pandangan Mata ke Layar Komputer

Terlalu sering menghadapi layar komputer mengakibatkan iritasi, ketegangan mata, sakit kepala, susah fokus, dan menambah sensitivitas pada cahaya. Jadi sebaiknya atur jarak pandangan mata ke layar komputer.

Berlibur

Coba manfaatkan jatah cuti atau waktu liburan untuk pergi berlibur. Selain membantu menghilangkan stres, liburan berguna untuk meredakan diri sejenak dari kesibukan dan kepenatan kerja.

Menjaga Kebersihan

Bersihkan tempat kerja Anda secara berkala. Setidaknya rapikan barang-barang terpakai dan buang benda-benda tak berguna. Bersihkan kibor, monitor, mouse, dan pesawat telepon Anda dari debu. Debu dan kotoran yang banyak menempel di sekitar tempat Anda bekerja bisa menjadi sarang kuman, sehingga membuat Anda mudah terserang penyakit.

Tags: #Bekerja #Cara #Menjaga #Vitalitas