Berita Seputar Tol Trans Jawa Terkini, Mengenai Titik Rawan Kecelakaan Yang Harus Anda Ketahui

Pada di tahun 2019, jalan Tol Trans Jawa terkini sudah mulai beroperasi, apalagi musim mudik sebentar lagi tiba kurang lebih 3 bulan lagi, tentunya jalur ini bisa menjadi jalur alternatif untuk mudik ke kampung halaman. Namun anda juga harus hati-hati kalau melintasi jalan tol ini, karena selain masih baru sehingga belum banyak orang yang mengetahui medannya, juga terdapat titik-titik rawan kecelakaan.

Dalam hal ini, pengamat transportasi Unika Soegijapranata Semarang, Djoko Setijowarno menjelaskan bahwa ada beberapa titik rawan kecelakaan di Tol Trans Jawa ini.“Potensi kecelakaan lalu-lintas juga mengancam pengguna jalan tol jika tidak berhati-hati. Data dari PT Jasa Marga (Maret 2019), beberapa ruas tol yang patut diwaspadai, seperti km 365 – km 375 Tol Batang-Semarang, Km 475 – km 485 Tol Semarang-Solo, km 715 – km 725 Tol Surabaya-Mojokerto, km 795 – km 805 Tol Gempol-Pandaan,” ujar Djoko Setijowarno.

Selain itu, Djoko juga menghimbau setiap pengguna jalan tol untuk memanfaatkan rest area untuk istirahat sekedar menghilangkan rasa lelah.

“Pengguna jalan tol yang melakukan perjalanan panjang, setidaknya 2-3 jam perjalanan menghendaki beristirahat, “ tambah Djoko.

Untuk itu, dia menginginkan pemerintah supaya benar-benar mempersiapkan sarana dan fasilitas rest area. Hal ini harus dilakukan dengan sebaik-baiknya supaya arus mudik Lebaran nanti bisa berjalan dengan lancar.

“Rest area yang disediakan di sepanjang jalan tol tidak akan sanggup menampung semua pengguna tol untuk beristirahat,” kata Djoko.

“Penambahan rest area menjadi penting dan diperlukan. Jika ditambah di sepanjang tol tersebut kurang efektif. Karena ramai hanya pada musim mudik,” tambah Djoko.

Dalam hal ini, dia mengusulkan supaya pembangunan are ditambah di sekitar gerbang tol yang bukan lahan milik operator tol, disiapkan lahan dan tempat untuk istirahat.

“Pemda dapat menyiapkan itu dan bekerja sama dengan operator jalan tol minta dibuatkan rambu petunjuk di sepanjang jalan tentang keberadaan rest area di luar tol,” kata Djoko.

“Para pebisnis lokal yang mulai terpuruk akibat dampak tol dapat diberi peluang buka usaha di rest area dekat gerbang tol. Mulai sekarang harus disiapkan Pemda, supaya tidak terlambat,” ujarnya.

Untuk mudik yang nyaman dan aman, jika anda menggunakan mobil pribadi, bukan hanya fisik anda saja yang harus prima, namun mobil yang akan anda gunakan juga harus dalam kondisi layak digunakan. Berikut cara mengecek mobil sebelum melakukan perjalanan mudik :

1. Atur Posisi Anda

Tips yang pertama adalah atur posisi duduk dan setir anda yang sesuai dan senyaman mungkin. Selain itu atur juga posisi naik turun supaya pas pada posisi tangan dan badan anda. Selain mengatur posisi setir dan duduk, anda juga harus memastikan fungsi fitur-fitur mobil tersebut, apakah masih bekerja dengan baik atau tidak.

2. Nyalakan Mesin Mobil

Pada saat anda akan menyalakan mesin mobil, sebaiknya jangan langsung men-starter “ON” terlebih dahulu serta perhatikan lampu indikator yang menyala. Setelah itu pastikan lampu-lampu mati, barulah anda bisa men-starter mobil tersebut. Jika ada lampu indikator yang tetap menyala, ini artinya ada masalah pada mobil tersebut yang harus segera diperbaiki.

3. Perhatikan Suara Mesin

Setelah mesin mobil dinyalakan, lalu buka kaca jendela pengemudi mobil serta perhatikan suara mesin secara seksama. Dalam hal ini, pastikan suara mesinnya masih normal dan tidak ada suara yang tidak wajar. Hal ini sangat penting anda lakukan pada saat mesin masih dalam keadaan dingin, karena kita tahu kalau mesin mobil yang masih dingin itu sering mengeluarkan suara-suara yang bisa menjadi indikator bahwa ada masalah dalam mesin mobil tersebut.

4. Cek Sistem Transmisi

Tipsnya selanjutnya adalah cek sistem transmisinya. Untuk transmisi automatic, pindahkan transmisi ke setiap posisi yang ada. Dalam hal ini, pastikan bahwa tidak ada jeda yang lama atau sentakan yang cukup keras pada saat melakukan perpindahan transmisi. Sedangkan untuk transmisi manual, pastikan perpindahan tidak terjadi “slip” atau tersangkut, serta kopling tidak terasa dalam pada saat anda injak.

Setelah semuanya selesai dan tidak ada masalah, barulah anda bisa melakukan perjalanan mudik yang aman dan nyaman.

Leave a reply "Berita Seputar Tol Trans Jawa Terkini, Mengenai Titik Rawan Kecelakaan Yang Harus Anda Ketahui"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Author: 
    author