Berwisata Sungai Ke Kampung Garama, Sabah, Malaysia

1426 views

sungai-garama-kampung-garama-sabahSiapa sih yang tak mengenal Kalimantan dengan hutan yang lebat dan aliran sungai yang luas. Meski sebagian besar pulau ini dimiliki oleh Indonesia, jangan lupa bahwa ada bagian kecil Pulau Kalimantan sebelah utara yang dikenal dengan nama Sabah dan merupakan bagian dari wilayah negara tetangga, Malaysia.

Ada lokasi wisata bernama Kampung Garama. Letaknya sekitar dua jam perjalanan dari Kota Kinabalu yang merupakan ibu kota Sabah. Di kampung Garama, Anda bisa berwisata menyusuri Sungai Garama yang dikelilingi oleh pohoh-pohon, kayu bakau, serta banyak binatang.

Yang unik dari tempat ini adalah Anda bisa menemukan bekantan (Nasalis larvatus). Ciri khas dari Bekantan yang membedakannya dari monyet lain adalah perut yang membuncit dan hidung panjang dan yang hanya ditemukan pada spesies jantan. Menurut pemandu wisata, bekantan hanya bisa kita temukan di hutan-hutan bakau dan daerah rawa di Pulau Kalimantan termasuk Sabah, Serawak, dan Brunei. Keunikan bekantan adalah mereka menghabiskan waktunya lebih banyak di atas pohon dan membentuk sistem sosial di mana dalam satu kelompok hanya terdapat satu bekantan jantan (one-male group) yang hidup bersama istri-istri dan anaknya, seperti harem. Satu bekantan jantan bisa membangun kelompok bersama 4-5 bekantan betina.

Apabila bisa melihat bekantan jantan, itu sebuah keberuntungan bagi Andasebab bekantan jantan jarang menampakkan diri. Jika ingin berwisata sungai sebaiknya pada sore hari karena biasanya bekantan mulai bermunculan. Memang banyak bekantan yang muncul di pepohonan tapi sebagian besar hanya betina. Itu pun sangat sulit dipotret karena mereka terus melompat-lompat.

Saat menyusuri sungai, Anda akan menemukan banyak burung dengan warna mencolok Tapi, tetap harus hati-hati karena menurut pemandu wisata, di sungai itu ada buayanya. Wisata ini berlangsung sekitar 1,5 jam, mulai sore sampai menjelang Magrib. Selain bisa menemukan banyak binatang unik yang tidak ada di kota-kota besar, Anda juga bisa melihat bunga-bunga cantik dan kerbau air (buffalo water) yang sedang mandi ramai-ramai di dalam sungai. Hati-hati saat melintasi mereka karena bisa saja mereka mengamuk dan membalikkan sampan! Wisata sungai yang cukup melelahkan, namun menyegarkan mata dan paru-paru karena pemandangan yang indah dan udara yang bebas polusi di sepanjang sungai.

Tags: #Bekantan #Kampung Garama #Malaysia #Sabah #Sungai Garama #Wisata Sungai

Leave a reply "Berwisata Sungai Ke Kampung Garama, Sabah, Malaysia"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.