Cara Backup Phone Contact BB Jadul Via Outlook

671 views

ekspor-kontak-telepon-bb-lama-hp-baruBanyak faktor yang menyebabkan smartphone BB bisa dengan cepat dilupakan. Selain faktor lemot yang sering menjadi momok bagi sebagian besar orang, booting yang lama, store-nya yang sangat tidak bersahabat, serta fitur-fiturnya yang ribet.

Untungnya, bagi Anda yang punya BB lawas, dan ingin berpindah ke Smartphone Android atau iPhone, hanya dengan melakukan sign in dengan alamat email lama saja, Blackberry akan secara otomatis memindah contact BBM anda dari BB lawas Anda ke BBM baru.

Lalu bagaimana dengan phone contact Anda? Bagaimana bila Anda tidak pernah menyimpan kontak di Sim Card? Atau Sim Card Anda tidak cukup menyimpan kontak dalam jumlah banyak. Parahnya lagi, Anda sedang tidak terkoneksi ke internet untuk menginstall tool-tool yang dibutuhkan seperti “my backup contact” yang bahkan berbayar di BB App World.

Ada tips ringan untuk membackup kontak Anda, baik dari HP jadul sekalipun. Tanpa Anda harus terkoneksi ke internet dan menginstall aplikasi/tool tambahan. Bahkan Anda tidak perlu memasang sim card bila perlu. BB kosongan aja bisa.

Langkah pertama, Anda harus siapkan Blackberry Destop Manager (BDM). Bisa anda download gratis dari internet. Software ini wajib dimiliki bagi pengguna smartphone Blackberry karena dengan ini Anda bisa upgrade OS sendiri, download aplikasi, dan lain-lain.

Kemudian siapkan laptop atau PC yang telah terinstall Microsoft Outlook (paketan dari Office) yang telah Anda sign in dengan alamat email Anda. Karena bila Anda belum sign in, Outlook tidak bisa Anda jalankan. Versinya bebas. Microsoft Outlook 2007 juga bisa! Outlook yang sudah ter-sign in nantinya akan memuncullcan profil di dalam BDM.

Oke, sekarang hubungkan BB Anda dengan kabel data ke laptop atau PC. Dan buka BDM. Tunggu sampai nama device Anda muncul di layar. Lalu buka Microsoft Outlook, jangan ditutup.

Pada BDM, pilih dulu “opsi perangkat” untuk menseting sinkronisasi. Sorot arah sinkronisasinya ke “satu arah hanya ke komputer Anda”. Kemudian seting akun kontak ke “Outlook”‘. Bila Anda sudah mendaftarkan Outlook dengan alamat email Anda, maka Anda bisa melihat profil “outlook” di seksi “konfigurasi”. Kalau semua sudah, klik OK. Lalu pilih menu “cadangkan sekarang”.

Pilih “kustom” pada menu jenis cadangan. Lalu centang “address book” pada menu jenis data. Nama file yang ada di bawah bisa Anda ganti semau Anda, atau Anda biarkan saja pada nama default juga tidak masalah. Lalu file backup bisa Anda simpan di harddisk, drive-nya terserah Anda. Setelah semua selesai, klik saja ikon “cadangkan” yang ada di kanan bawah.

Tunggu prosesnya selesai, lalu tutup. Bila semua proses sudah benar, buka Microsoft Outlook Anda. Anda akan lihat semua daftar kontak phone Anda di sana dalam bentuk kotak-kotak termasuk semua gambar profil yang mungkin tersimpan.

Itu berarti semua kontak telah tersimpan di Outlook. Di mana sewaktu-waktu PC / Laptop Anda mati dan Anda membukanya kembali, Anda tinggal klik saja ke menu Contact yang ada di bar kiri bawah. Jika Anda ingin menaruhnya di Excel, Anda tinggal convert. Mudah sekali.

Sebenarnya Anda juga bisa melakukan backup kontak ini di menu yang telah disediakan oleh BDM dengan cepat. Hanya saja formatnya bbb, bukan vcf. Ribet lagi jika Anda belum tau cara merubahnya.

Jika Anda ingin meng-copynya ke HP baru kapan saja – select all, klik seksi “action” pada Outlook yang ada di kanan atas. Pilih “send as business card”. Masukkan alamat email yang akan Anda tuju. Anda akan melihat semua attachment kontak Anda. Sedangkan di seksi halaman compose Anda akan melihat kotak-kotak kontak yang bisa Anda hapus semua. Karena bila tidak Anda hapus, nantinya akan berat ketika HP baru Anda membukanya. Toh yang Anda perlukan juga cuma kontaknya saja. Profil gambar bisa Anda lakukan lain waktu. Tapi bila tidak juga tidak masalah, karena semua profil gambar otomatis akan ngikut.

Langkah terakhir, tunggu beberapa menit sampai keluar notifikasi email masuk di HP baru Anda. Buka dan lihat semua kontaknya sudah ada di sana.

File ter-attach memang satu-satu. Anda harus bisa menyentuhnya satu-persatu, atau cukup sentuh saja “save all attachment” yang ada di Gmail Anda – bila Anda user Gmail. Tunggu beberapa saat. Silahkan mencoba. Semoga tips ini bermanfaat.

 

Tags: #Backup #BB #BBM #BlackBerry #Phone Contact

Leave a reply "Cara Backup Phone Contact BB Jadul Via Outlook"