Cara Jitu Mengelola Modal Bisnis yang Berasal dari Pinjaman

272 views

Karena sekarang jenis pinjaman sudah lebih beragam, modal bisa dibilang bukan lagi jadi halangan utama untuk kamu yang mau memulai bisnis. Mulai dari yang berbasis online seperti pinjaman dana cepat dari fintech, KTA, kredit dengan agunan, dan sejenisnya yang ditawarkan bank atau lembaga pinjaman konvensional, tinggal pilih sesuai kondisi dan kemampuan finansial. 

Tantangan terbesar justru dimulai ketika pinjaman cair dan modal sudah di tangan: bagaimana cara mengelolanya agar tepat sasaran? Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa mencoba memulainya dari tiga langkah berikut ini:

Mengurus perizinan bisnis

Anggaran pertama yang perlu dikeluarkan adalah untuk sewa tempat hingga mengurus perizinan bisnis yang mau dijalankan. Bisnis yang memerlukan tempat khusus untuk operasionalnya perlu segera diurus perizinannya ke pihak yang berkepentingan. Ini berlaku juga apabila bisnis dijalankan di rumahmu sendiri, misal di halaman atau garasi. Minimal, izin perlu diajukan ke ketua RT/RW setempat. Dalam skala yang lebih besar lagi, misal sewa lokasi untuk memasang booth/etalase dagang, hingga sewa tempat/rumah yang akan dijadikan toko. Perizinannya tentu lebih panjang dan perlu dicaritahu flownya sesuai kebijakan yang berlaku di lingkungan tersebut. 

Menyiapkan dana tabungan untuk kebutuhan darurat selama 3 hingga 6 bulan ke depan

Setelah lokasi dan izin bisnis selesai, selanjutnya yang penting untuk dilakukan adalah menyisihkan sebagian modal sebagai dana tabungan darurat. Terutama jika bisnis yang kamu jalankan termasuk skala menengah. Minimal jumlah tabungannya adalah sebesar 3 sampai 6 bulan jumlah angsuran pinjaman. Fungsinya untuk apa? Tentu saja untuk berjaga-jaga dan menutup angsuran pinjaman jika bisnis yang dijalankan ternyata prospeknya kurang baik atau belum kelihatan ‘hilal’ balik modalnya. 

Membeli daftar alat dan bahan baku bisnis sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat

Lokasi checked, tabungan checked. Sekarang, waktunya mulai mengisi lokasi bisnis dengan peralatan hingga bahan baku utama yang jadi nyawa dalam bisnis yang kamu jalankan. Untuk bisnis kuliner, misalnya, peralatan masak dan bahan makanan segar perlu distok ketika usaha kulinernya akan segera dibuka. Untuk bisnis jasa laundry, misalnya lagi, tentu kamu perlu segera membeli mesin laundry, aneka sabun cuci dan parfum khusus, alat setrika, dan masih banyak lagi. Perlengkapan, peralatan, atau bahan baku utama yang diperlukan dalam bisnis wajib disusun daftar dan kisaran harga pasarannya di awal sebelum kamu mulai berbelanja. Ini akan membantu kamu mendapat harga terbaik sehingga modal yang dikeluarkan jadi tepaat sasaran. 

Cari Pinjaman Dana Cepat untuk Modal Usaha yang Bisa Cair Sehari? Kredivo Solusinya!

Kredivo merupakan akses kredit digital yang menyediakan tiga layanan kredit utama: transaksi bayar dalam 30 hari, cicilan barang s.d 12 bulan, dan pinjaman dana cepat tunai berbunga rendah mulai dari 500 ribu rupiah. Bedanya mengajukan pinjaman dana di Kredivo dengan lembaga pinjaman konvensional untuk modal usaha adalah kamu tidak perlu mensubmit proposal bisnis. Setiap orang yang memenuhi tiga kriteria berikut, bisa daftar dan ajukan pinjaman di Kredivo: 

  1. WNI yang sudah berusia minimal 18 tahun. 
  2. Berpenghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan. 
  3. Tinggal/berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. 

Untuk pengguna Premium, maksimal limit kredit yang bisa didapat dari Kredivo adalah Rp 30 juta. Makin besar jumlah penghasilanmu, biasanya akan makin tinggi juga peluang mendapat limit kredit yang besar. Ketika pendaftaran akunmu sudah disetujui dan kamu memiliki sejumlah limit, kamu dapat dengan mudah mencairkan limit tersebut menjadi pinjaman tunai. Caranya adalah dengan memanfaatkan fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo yang ada di bagian dasbor aplikasi Kredivo. 

Berapa pinjaman yang bisa diajukan?

Jawabannya kembali lagi pada jumlah limit yang kamu miliki. Yang pasti, minimal pengajuan pinjaman untuk jenis pinjaman mini adalah sebesar 500 ribu, sedangkan untuk pinjaman jumbo sebesar Rp 1 juta. Untuk pinjaman dana cepat dengan tujuan bisnis, pilihan yang tepat adalah memilih fitur pinjaman jumbo. Sebab, kamu bisa pinjam dana maksimal sebesar limit untuk tenor 6 bulan. Katakanlah total limit di akun Kredivo-mu ada Rp 15 juta, sementara yang tersedia untuk tenor 6 bulan ada Rp 8 juta. Maka maksimal dana yang bisa kamu pinjam adalah sebesar Rp 8 juta dengan opsi tenor 3 atau 6 bulan. 

Nggak hanya bisa cair cepat, minimal dalam satu hari kerja, pinjaman dana tunai di Kredivo juga memiliki suku bunga yang rendah. Sesuai apabila dimanfaatkan untuk tujuan usaha. Suku bunganya bersifat tetap, sebesar 2,95% per bulan. Kredivo merupakan fintech kredit digital pertama yang terdaftar dan diawasi oleh OJK sejak Maret 2018. Jadi dipastikan aman dan kredibel untuk kamu gunakan. Selamat mencoba. 🙂

Leave a reply "Cara Jitu Mengelola Modal Bisnis yang Berasal dari Pinjaman"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.