Cara Sehat Dalam Menyajikan Makanan untuk Keluarga Di Rumah

222 views


Bagi seorang ibu rumah tangga, memasak tentu sudah menjadi rutinitas wajib yang harus dilakukannya. Tidak hanya untuk memenuhi kesehatan tubuh kita, setiap makanan yang disediakan oleh serang ibu juga menunjukkan kasih sayang terhadap keluarga yang dimilikinya. Oleh sebab itu, anda sebagai seorang ibu harus benar-benar memperhatikan setiap masakan yang nantinya akan anda sajikan kepada keluarga tercinta. Anda harus menjamin kualitas masakan anda dari kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan seperti misalnya makanan yang terkontaminasi dengan bahan kimia dan sebagainya.

Mulai dari proses pembuatan serta menyajikannya, anda harus memperhatikan dan juga menjaga kepersihan makanan yang akan anda berikan. Sehingga ketika makanan akan disantap, tetap selalu bersih dan higienis. Anda harus benar-benar teliti dalam memperhatikan masakan yang anda buat supaya tidak ada berbagai macam hal yang membuat makanan jadi tidak sehat seperti misalnya ada kuman serta bakteri atau adanya bahan pestisida yang masuk kedalam menu yang anda siapkan untuk keluarga anda. Jika hal tersebut terjadi, maka dapat membahayakan kesehatan keluarga serta diri anda sendiri.

Untuk menghindari hal tersebut, maka anda perlu tahu cara sehat dalam menyajikan makanan yang tepat dan benar. Penyajian makanan tentu penting untuk diketahui oleh seorang ibu, dan cara tersebut bisa anda dapatkan pada paragraf dibawah ini.

  1. Pastikan tangan anda bersih sebelum memulai mengolah serta mempersiapkan masakan. Cucilah tangan anda dengan sabun anti bakteri.
  2. Gunakan bahan makanan yang segar dan terbebas dari zat berbahaya semacam pestisida.
  3. Sebelum mengolah bahan makanan, pastikan anda membersihkan terlebih dahulu.
  4. Anda juga harus memastikan kebersihan setiap peralatan memasak yang akan anda gunakan seperti wajan, panci, pisau, piring dan lain sebagainya.
  5. Jangan terlalu sering memasak menu masakan yang kurang sehat seperti mengandung banyak lemak, garam dan gula.
  6. Penggunaan rempah-rempah sangat dianjurkan, karena rempah-rempah memiliki khasiat yang sangat bagus dalam menjaga kesehatan tubuh.
  7. Ketika akan menyajikan makanan, anda harus membersihkan tempatnya terlebih dahulu supaya terhindar dari berbagai macam bakteri dan juga kuman.
  8. Lengkapi menu makanan anda dengan bahan yang sehat seperti buah-buahan. Dan jangan lupa untuk minum air putih sebagai pemenuh cairan dalam tubuh.
  9. Langsung cuci tempat makan setelah selesai makan. Supaya kuman dan bakteri tidak berkembang biak.

Nah itu dia beberapa cara sehat dalam menyajikan makanan. Dengan cara diatas, maka anda bisa memperkecil kemungkinan terjadinya gangguan kesehatan akibat salah dalam menyajikan makanan. Semoga artikel ini membantu teman-teman dalam menjadikan keluarga tetap sehat.

Leave a reply "Cara Sehat Dalam Menyajikan Makanan untuk Keluarga Di Rumah"

Author: 
    author