Daftar Tempat Wisata Menarik di Pulau Kalimantan

222 views


Kalimantan merupakan pulau yang menaungi tiga negara sekaligus, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Pulau yang satu ini lebih banyak dikenal sebagai paru-paru dunia. Soalnya, di Kalimantan, khususnya yang masuk dalam wilayah NKRI terdapat hutan yang termasuk salah satu yang paling luas di dunia.

Namun sebenarnya Kalimantan bukan sekedar memiliki hutan yang luas saja. Di Balik rimbunya pepohonan Kalimantan, terdapat banyak tempat wisata yang sangat recommended untuk dikunjungi. Lebih dari sekedar indah, tempat wisata di pulau ini juga memiliki pesona yang sulit ditemukan di tempat lain.

Mau tahu tempat wisata menarik apa saja yang ada di Kalimantan? Check this out.

Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional yang terletak di Kalimantan Tengah ini menawarkan sensasi wisata di dalam hutan rimba yang sulit dilupakan seumur hidup. Di dalam hutan konservasi ini, kamu bisa melihat berbagai spesies flora dan fauna yang menawan, bahkan beberapa diantaranya tergolong langka dan dilindungi. Salam satu makhluk yang paling dilindungi di sini adalah Orang Utan. Hewan dari keluarga kera ini diperlakukan sangat baik di wilayah konservasi ini. Menariknya, kamu bisa melihat langsung bagaimana hewan ini diperlakukan.

Untuk menjelajahi dalamnya Tanjung Puting, kamu bisa menaiki kapal yang disebut klotok sambil menginap di atasnya. Di atas kapal ini, kamu pun akan menyusuri sungai untuk melihat segala pesona yang ada di sana. Sesekali, kamu pun akan diajak untuk berlabuh di pusat-pusat konservasi Orang Utan. Saat berada di atas kapal Klotok, kamu akan disajikan pemandangan yang sangat cantik, yaitu hadirnya ratusan kunang-kunang yang bersinar di atas sungai.

Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan merupakan salah satu maskot wisata bahari terbaik yang dimiliki Indonesia. Di kepulauan yang terletak di Kabupaten Beran, Kalimantan Timur ini, kamu bisa menikmati keindahan alam dari dalam dan permukaan laut. Melakukan aktifitas penyeman di sini menjadi kegiatan paling menarik untuk dilakukan. Soalnya, perairan Derawan memiliki pemandangan bawah laut yang sangat cantik. Berbgai spesies terumbu karang tumbuh subur di sini. Itu artinya, berbagai jenis ikan pun otomatis akan banyak ditemui di perairan ini.

Menariknya, di kepualauan Derawan terdapat sebuah danau ajaib berisi ubur-ubur yang tidak menyengat. Di dalam danau yang terletak di pulau Kakaban ini, kamu bisa berenang bersama sekawanan ubur-ubur tanpa takut terkena sengatnya. Ubur-ubur yang ada di danau Kakaban ini memang telah berevolusi untuk menyesuaikan kondisi lingkungan di sana. Hebatnya, perairan berisi ubur-ubur yang tidak menyengat ini hanya ada dua di dunia. Itu artinya, Kakaban merupakan danau yang sangat langka.

Bukit Kelam Sintang

Tempat wisata yang terletak di Sintang, Kalimantan Barat ini, terrsaji sebuah pemandangan yang sangat menakjubkan, yaitu adanya sebongkah batu besar yang membentuk gunung setinggi 1000 meter. Konon, batu yang ada di Sintang ini adalah bukit batum  monolid terbesar di dunia. Bahkan ukurannya seipercaya lebih besar dari Ayery Rock di Australia yang pamornya lebih dulu mendunia.

Bukit Kelam juga punya banyak kisah misterius yang menrik untuk dikunjungi. Konon, batu yang menjulang tinggi ini pernah diangkat oleh seorang pemuda Dayak bernama Bujang Besji untuk Sungai Melawi dan Kapuas. Namun niatnya terhenti setelah pemuda ini tergoda oleh pesona seorang bidadari. Akhirnya, pemuda itu pun terperosok ke dalam lubang dan batu tersebut tetap berada di sana sampai sekarang.

Selain itu, ada juga yang berpendapat kalau bukit ini berasal dari meteor raksasa yang pernah jatuh ke bumi sehingga mengundang banyak peneliti untuk mengungkap asal muasal dari bukit ini.

Pasar Terapung Muara Kuin

Pasar yang mengapung di atas sungai Kuin ini sebenarnya bukan tempat wisata. Namun, di sini kamu bisa melihat keunikan pasar tradisional yang setiap transaksinya dilakukan di atas air dengan menggunakan perahu. Berbagai komoditas pasar tradisioanal pun bisa kamu beli di sini. Sayangnya, eksistensi pasar apung ini sudah mulai tergerus dengan kehadiran pasar-pasar di atas daratan. Bahkan pada suatu waktu pasar terapung ini akan sulit untuk ditemui. Jadi sebagai upaya untuk melestarikan wairasn tradional ini, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke pasar yang berada di Banjarmasin ini.

Bukit Bingkirai

Untuk kamu yang ingin menikmati sensasi wisata di hutan Hujan Tropis Kalimantan, Bukit Bingkirai yang berada di Kutai Kartanegara ini adalah pilihan yang tepat. Udara di tempat ini sangat sejuk karena dipenuhi pepohonan yang rindang. Kamu juga bisa melihat keindahan Bukit Bingkirai dari atas karena disini telah dibuat sebuah jembatan yang menggelantung dari ketinggian. Hebatnya, jembatan ini dibuat untuk menghubungkan pohon besar yang usianya sudah sangat tua dengan tinggi yang mencapai 30 meter dari permukaan tanah.

Jadi tunggu apalagi, buruan pesan Pesawat tiket ke Kalimantan sekarang juga untuk menikmati pesona yang tersaji di sana. Untuk sampai di Kalimantan, kamu bisa menggunakan berbagai maskapai penerbangan domestik terbaik seperti Garuda Indonesia yang bisa dipesan dengan harga murah di reservasi.com.

 

Leave a reply "Daftar Tempat Wisata Menarik di Pulau Kalimantan"

Author: 
    author