Harga Sapi Kurban dengan Hewan Kurban Lain Sama Saja di Mata Allah

82 views

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa dalam pelaksanaan Idul Adha selain solat Ied Anda juga akan melaksanakan kurban. Berkurban ini memang selalu dilaksanakan setiap tahunnya ketika Idul Adha. Beberapa hewan kurban yang dapat digunakan adalah sapi, kambing, domba, kerbau, dan unta. Di Indonesia sendiri memang mempunyai hewan tertentu yang lebih banyak diminati dari hewan lainnya, seperti sapi dan kambing. Harga sapi kurban yang cukup tinggi tidak membuat orang yang akan berkurban berpaling kepada hewan lain. Begitu juga dengan kambing, meskipun harga lebih kecil tetapi banyak yang menyukai dagingnya. Sebenarnya domba juga sering digunakan namun karena bau dagingnya yang sangat khas lebih dari kambing maka banyak juga orang yang tidak menyukainya, sehingga orang-orang lebih memilih kambing dan sapi.

Harga sapi kurban sendiri tentu mengalami kenaikan setiap tahunnya, hal tersebut dikarenakan peminat sapi yang semakin besar setiap tahunnya. Dengan daging dan lemak yang dimilikinya memang sudah sepantasnya daging sapi ini memang sangat enak sehingga banyak orang yang lebih rela merogoh kocek untuk membeli hewan kurban sapi daripada memilih kambing dengan harga wajar. Sebenarnya kurban yang merupakan tabungan untuk hari akhir nantinya tidak terhitung dari seberapa besar harga hewan kurban, tetapi dari niat, doa, dan juga ikhtiarnya dalam melaksanakan kurban. Sehingga baik dengan menggunakan sapi ataupun kambing akan sama saja di mata Allah. Asalkan hewan-hewan kurban tersebut memenuhi persyaratan untuk seekor hewan kurban agar dalam kurban yang dilakukan akan sah di mata Allah.

Syarat untuk hewan kurban adalah hewan kurban tidak boleh mengalami cacat, pincang, sakit, dan mempunyai daging yang kering dan kurus. Hewan dengan keadaan seperti ini dapat mempengaruhi kualitas dagingnya sehingga dikhawatirkan dapat mempengaruhi orang yang memakannya juga. Oleh karena itu akan lebih baik jika Anda ikut dalam pemilihan hewan kurban agar mengetahui apakah hewan kurban Anda sudah memenuhi syarat atau belum. Berkurban dengan menggunakan sapi tidak hanya dapat dilakukan oleh seorang diri, tetapi dapat dilakukan oleh 7 orang. Sehingga untuk 1 sapi bisa dilakukan kurban oleh 7 orang. Sehingga dapat memberikan suatu keringanan bagi Anda yang ingin membeli dengan harga sapi kurban yang sedikit lebih murah.

Seperti yang sudah Anda tahu bahwa rezeki seorang manusia akan kembali kepada penciptanya Allah. Begitu juga hewan kurban ini, melalui perantara berkurban Anda sudah mencoba menyisihkan sebagian harta kita untuk diberikan orang yang lebih membutuhkan dengan melalui makanan sehat daging. Untuk harga sapi kurban maupun kambing kurban sama saja karena berkurban ini membantu menabung untuk hari akhir nanti, yang nantinya amalan berkurban ini akan menjadi penyelamat di hari akhir nanti. Sehingga akan lebih baik jika berkurban setiap tahunnya, karena dengan begitu sama saja dengan menabung setiap tahunnya. Allah akan lebih menyukai hambanya yang menyisihkan sebagian hartanya untuk kepentingan agama.

Leave a reply "Harga Sapi Kurban dengan Hewan Kurban Lain Sama Saja di Mata Allah"

Author: 
    author