Inilah 5 Penyebab Nyeri Punggung Saat Hamil Terjadi

1134 views

nyeri-punggung-saat-hamilSaat hamil, tak sedikit ibu yang menderita nyeri punggung. Masalah itu kerapkali menyebabkan ibu hamil tak bisa menikmati saat kehamilannya. Umumnya nyeri punggung bakal mulai kerap dirasa pada trimester ke-2 serta ketiga. Anda barangkali pula mengalami hal semacam ini. Lantas, apa saja penyebab nyeri punggung saat hamil?

Waktu punggung merasa nyeri, Anda tak usah cemas. Nyeri punggung yang berlangsung waktu hamil, amat langka dikarenakan oleh penyakit beresiko. Berbagai penyebabnya nyeri punggung waktu hamil salah satunya ialah :

1. Kenaikan berat tubuh

Sepanjang merasakan saat kehamilan, ibu hamil umumnya bakal merasakan kenaikan berat tubuh sejumlah 10 sampai 15 kg. Tulang belakang sangat terpaksa mesti menunjang berat tubuh Anda lebih berat. Masalah ini pula yang mengakibatkan nyeri punggung. Kecuali itu, berat janin pun menyebabkan tekanan pada pembuluh darah serta saraf pada panggul plus punggung.

2. Pergantian postur badan

Postur badan yang mengalami perubahan waktu hamil menjadikan Anda mesti menyesuaikannya dengan gravitasi bumi. Dengan cara bertahap, Anda akan menyelaraskan badan serta caranya Anda bergerak untuk meraih keseimbangan. Masalah ini pula yang bisa mengakibatkan terjadinya nyeri punggung.

3. Pergantian hormon

Sepanjang kehamilan, badan Anda akan membuat hormon relaksin yang menyebabkan relaksnya ligamen pada panggul, serta sendi jadi lebih longgar dalam usaha untuk menyiapkan sistem melahirkan. Tetapi di waktu yang berbarengan, hormon relaksin pun bisa menjadikan ligamen yang menunjang tulang belakang jadi longgar, hingga membuat rasa nyeri.

4. Stres

Stres atau keadaan emosional yang lain bisa menjadikan tekanan pada otot di punggung Anda. Pergantian hormon yang berlangsung waktu hamil, memanglah kerapkali menyebabkan keadaan emosional ibu hamil tak menentu. Hal tersebut nyatanya pula bisa menjadikan Anda menderita nyeri punggung.

5. Ukuran rahim

Makin besar umur kehamilan Anda, jadi bentuk rahim pun bakal makin luas. Pelebaran rahim ini bakal meletakkan beban yang semakin besar pada ligamen serta otot pada punggung Anda. Inilah yang pada akhirnya menyebabkan nyeri punggung.

Demikianlah 5 penyebab nyeri punggung saat hamil. Semoga Anda bisa menghadapi dan menanganinya dengan baik.

Tags: #Hamil #Nyeri #Penyebab #Punggung

Leave a reply "Inilah 5 Penyebab Nyeri Punggung Saat Hamil Terjadi"