Inilah Menu MPASI Untuk Tiga Minggu Pertama

41 views

Hindari Stres Saat Anak Mulai MPASI

Menu Untuk MPASI Pertama – MPASI atau Makanan Pendamping ASI bisa mulai kita berikan bagi bayi saat memasuki usia antara 4 sampai 6 bulan. Pada usia 4 bulan, sistem pencernaan bayi sudah mulai siap menerima makanan dan ketika usia 6 bulan pencernaan mereka sudah sempurna untuk menerima makananI. MPASI ini penting untuk melengkapi nutrisi si kecil yang makin bertambah.

Untuk menu MPASI yang pertamadapat kita buat bervariasi bergantung dengan kondisi setiap bayi. Tapi kita dapat mencoba memberi bayi puree buah tanpa gula maupun garam untuk perkenalan MPASI. Selain itu, kita juga dapat memberi mereka daging ayam atau daging sapi yang dihaluskan untuk menambah zat besi yang barangkali sudah tak tercukupi lagi bila hanya mengjonsumsi ASI. Berikut Menu Untuk MPASI Pertama yang bisa kita coba:

Minggu Pertama

Untuk menu MPASI di minggu pertama yaitu puree buah-buahan seperti apel, pisang, pir, maupun alpukat. Di hari pertama sampai ketiga untuk percobaan, kita dapat memberi satu jenis buah dengan frekuensi 1x sehari. Pada hari ke empat, bisa campur 2 jenis buah sekaligus seperti pir dengan apel maupun mangga dengan pisang. Buah-buahan adalah sumber serat, kalsium, kalium, sampai asam folat.

Minggu Kedua

Untuk minggu kedua, kita dapat mencoba memberikan makanan sumber karbohidrat seperti umbi, kentang, nasi (bubur), ataupun oatmeal. Kita juga dapat mulai memberi tambahan puree sayuran agar melengkapi kebutuhan nutrisi. Bisa kita kombinasikan dengan sayuran seperti brokoli, wortel, buncis, zucchini maupun jagung manis. Menu pure sayuran dapat kita ganti tiap hari supaya bayi terbiasa dengan berbagai macam rasa makanan.

Minggu Ketiga

Untuk minggu ketiga kita dapat mulai memberi daging yang dihaluskan. Sebenarnya kita dapat memberi bayi daging sejak minggu kedua, namun akan lebih baik bila bertahap terlebih dahulu supaya bayi bisa menyesuaikan. Daging yang halus amat baik dalam menambah berat badan, namun bila bayi sudah cukup gemuk, kita dapat memberi daging dengan porsi sedikit.

Itulah ulasan tentang MPASI Pertama Untuk Bayi. Semoga ulasan ini dapat menjadi pertimbangan bagi para orang tua yang tengah bingung memilih menu pendamping ASI bagi bayi. Selamat mencoba.

Leave a reply "Inilah Menu MPASI Untuk Tiga Minggu Pertama"

Author: 
    author