Jangan Mudah Tergiur Iklan Rumah Dijual! Inilah Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah

lelaki-tampan-memasak

Iklan rumah dijual bisa dengan mudah kita jumpai. Apalagi, sekarang ini orang bisa menjual rumahnya melalui situs jual beli online maupun melalui media sosial yang dimilikinya. Bagi Anda yang berencana untuk membeli rumah, tentu saja iklan-iklan tersebut sangat terlihat sebagai suatu bujukan yang sangat menarik.

Namun, jangan mudah tergiur iklan rumah dijual. Sebaiknya Anda memikirkan beberapa hal ini sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Apa saja hal-hal tersebut? Ini dia ulasannya:

  • Apakah Membeli Rumah Termasuk ke dalam Daftar Prioritas Kebutuhan Anda?

Hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah hal terpenting yang Anda butuhkan saat ini. Jika rumah memang menjadi hal yang penting bagi Anda, maka silakan cari iklan rumah yang dijual pada berbagai macam media cetak maupun pada internet. Namun, jika rumah bukanlah kebutuhan yang utama bagi Anda saat ini, maka sebaiknya Anda tidak perlu tergesa-gesa dalam menanggapi sebuah iklan rumah yang dijual.

  • Jika Perlu Membeli Rumah, Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan

Jika memang rumah baru adalah kebutuhan yang penting bagi Anda, maka pikirkanlah kondisi keuangan. Carilah rumah yang sesuai dengan bujet yang Anda miliki. Jika Anda berpikir mengenai membeli rumah secara kredit, maka perhitungkan semuanya dengan cermat.

Membeli rumah dengan sistem kredit memang tampak mudah. Namun, Anda harus memikirkan cara melunasi pembelian rumah tersebut. Pikirkan bagaimana Anda akan membayar uang tanda jadi, uang muka, dan cicilan tiap bulannya selama satu atau beberapa tahun ke depan. Sanggupkah Anda membayarnya?

  • Perhatikan Kondisi Rumah yang Diiklankan

Dalam menemukan rumah idaman, Anda harus memperhatikan iklan rumah dijual di media cetak, situs jual beli online, atau di mana saja. Jika Anda melihat iklan tersebut di media sosial atau situs jual beli online, perhatikan foto-foto yang dilampirkan. Foto-foto tersebut bisa menjadi suatu gambaran umum kondisi rumah yang dijual tersebut.

Cermati setiap foto yang ditampilkan beserta detailnya, misalnya warna cat, kondisi cat, kondisi bangunan, dan bentuk bangunan. Jika Anda menemukan beberapa hal negatif dari rumah tersebut, misalnya terdapat retak pada tembok, maka Anda sebaiknya mengurungkan niat untuk membeli rumah tersebut.

Jika Anda membeli rumah yang kondisinya tidak terlalu baik, maka Anda akan menghabiskan banyak biaya untuk melakukan renovasi. Anda tentunya tidak mau hal ini terjadi, bukan?

  • Perhatikan Luas Bangunan dan Sesuaikan dengan Kebutuhan

Luas rumah juga menjadi satu hal yang wajib untuk diperhatikan. Sesuaikan luas rumah dengan kebutuhan Anda. Apabila Anda akan tinggal di rumah baru dengan keluarga inti saja, maka rumah tipe 45 sudah ideal. Namun, jika Anda akan tinggal dengan lebih banyak anggota keluarga, rumah dengan tipe yang lebih besar akan lebih tepat untuk Anda.

  • Perhatikan Lokasi Rumah

Ketika Anda akan membeli rumah, lokasi atau letak rumah juga layak untuk diperhatikan. Dalam mencari rumah idaman untuk Anda dan keluarga, pastikan rumah tersebut tidak terlalu jauh dari kantor tempat Anda bekerja. Rumah yang terlalu jauh dari lokasi kerja akan membuat rutinitas pulang dan pergi kerja menjadi sangat melelahkan.

Selain itu, pilihlah rumah yang terletak di lokasi strategis. Jangan mudah tergiur oleh harga murah dalam iklan. Bisa jadi harga rumah menjadi murah lantaran rumah tersebut letaknya jauh dari tempat umum, seperti pasar, gedung sekolah, dan jalan utama. Lokasi rumah yang kurang strategis atau jauh dari tempat umum bisa menyulitkan Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

  • Legalitas Bangunan

Jika Anda tertarik dengan sebuah iklan jual rumah, sebaiknya Anda segera menghubungi pemiliknya dan bertanya mengenai legalitas rumah tersebut. Tanyakan apakah rumah tersebut memiliki SHM (Sertifikat Hak Milik) dan IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Jangan pernah tertarik untuk membeli sebuah rumah yang kepemilikannya tidak jelas. Hal ini akan menimbulkan banyak masalah untuk Anda di kemudian hari.

  • Waspadai Penipuan

Penipuan dengan dalih jual rumah murah kerap terjadi. Biasanya, pelaku kejahatan ini mengunggah sebuah iklan jual rumah melalui internet. Harga rumah biasanya di bawah harga rata-rata rumah pada umumnya. Agar terlihat nyata, biasanya pelaku juga mencantumkan foto dan alamat rumah tersebut.

Pelaku biasanya meminta korban untuk mentransfer sejumlah uang sebagai uang muka. Nah, jika Anda menemukan iklan jual rumah dengan ciri-ciri tersebut, Anda patut curiga. Jangan sampai keinginan memiliki rumah idaman malah berbuah kemalangan karena sebuah kecerobohan.

  • Perhatikan Cara Pembayaran

Ada beberapa cara pembayaran yang bisa dilakukan dalam membeli rumah, di antaranya adalah secara tunai (kontan) dan kredit kepemilikan rumah (KPR). Anda wajib mengenali jenis-jenis pembayaran ini sebelum memutuskan untuk membeli sebuah rumah. Pengetahuan mengenai cara pembayaran sebuah rumah adalah pengetahuan umum bagi seluruh calon pembeli rumah.

  • Perhatikan Track Record Pihak Developer

Jika Anda membeli rumah dari pihak pengembang, pastikan pihak pengembang tersebut memiliki kredibilitas dan rekam jejak yang baik. Sebaiknya Anda tidak membeli sebuah rumah dari pengembang yang memiliki rekam jejak buruk. Hal ini bisa merugikan Anda di masa mendatang.

Untuk mengetahui rekam jejak sebuah pengembang, lihatlah kepuasan konsumen yang sudah menggunakan jasa pengembang tersebut. Selain itu, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai pengembang tersebut melalui kawan, keluarga, atau bahkan melalui internet. Anda juga bisa mengetahui rekam jejak pengembang melalui produk-produk yang telah mereka bangun sebelumnya.

Nah, itulah 9 hal yang perlu diperhatikan jika akan membeli rumah. Jadilah bijak dalam menyikapi sebuah iklan rumah dijual, ya. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat bagi Anda yang hendak membeli rumah.

Leave a reply "Jangan Mudah Tergiur Iklan Rumah Dijual! Inilah Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah"

Author: 
    author