Jenis Colokan Listrik, Saklan, Stop Kontak dan Cara Menggunakannya

26 views

Taffware Stop Kontak Universal UK EU US & 2 USB Port - ATH

Di zaman yang sudah maju seperti ini pastilah rutinitas kita tidak pernah lepas dengan alat alat kelistrikan. Mudah sekali membeli alat alat listrik, dari mulai toko sampai online abanyak sekali yang menjual stop kontak Jual saklar listrik dan alat alat listrik lainnya. Namun terkadang masih banyak yang salah tafsir nama aksesoris listrik tersebut. Nah ini dia beberapa tips menggunakan dan beberapa nama aksesoris listrik supaya tidak lagi tertukar.

Steker

Mungkin kebanyakan orang atau anda sendiri menamakan alat ini dengan nama Colokan listrik tak ada salahnya memang. Fungsinya adalah sebagai penghantar liustrik menuju tempat lain atau stop kontak.

Cara menggunakan steker

Jika steker telah terpasang kabel maka colokan saja dimana terdapat dua lubang sesuai dengan arahanya, begitu saja. Jika belum terdapat kabel maka anda harus melakukan pemasangan terlebih dahulu. Caranya adalah buka baut atau mur untuk membuka permukaan pelindung, kemudian kendurkan baut pengencang kanel lalu hubungkan masing masing kabel sesuai tempatnya kemudian kencangkan. Pastikan warna kabel yang ama jangan ampai ada kanel berbeda warna menjadi satu terhubung  atau menempel satu dengan lainnya diantara baut pemasangan.

Untuk jenis steker nya ada beberapa macam yaitu Steker Bengkok, Steker Adapter, Steker T , Steker Arde.

Fitting

Nama aksesoris listrik ini berasal dari bahasa inggris atau kita kenal dengan rumah lampu. Memamng benar Fitting merupakan tempat untuk menaruh sebuah lampu bohlam yang berbentuk bulat dengan lubang ditengahnya yang digunakan untuk menaruh bohlam. Jenis nya ada dua yaitu ulir dan mencapit yang mana lampu tidak diulirkan melainkan dicapitkan ke tempatnya.

 Cara menggunakan fitting

Fitting ini adalah tempat lampu agar lebih ditempatkan menggantung, di plafon atau media lain yang memerlukan penerangan. Cara memasangnya, untuk jenis ulir cukup tempatkan lampu pada lubang ulir yang tersedia kemudian sesuaikan ulir dan putar untuk mengencangkan. Jang terlalu kencang dan pastikan ketika memutar lakukanlah secara perlahan agar lampu tidak rusak dan pecah.

Untuk jenis fitting sendiri terdiri dari fitting lampu plafon, Fitting lampu gantung, Fitting Lampu Kombinasi,

Socket

Electric socker adalaha bahasa ainggris dari Stop kontak. Atau kegunaan yang dimiliki ileh socker agak sama dengan stop kontak, selama terpasang di dinding atau perangkat, maka boleh jadi itu dinamakan socket. Karena lubang alat listrik tersebut merupakan penghubung arus listrik atau jaringan sehingga perangkat rumah bisa aktif sempurna.

Cara menggunakan Socket

Hanya tinggal mencolokan kabel yang terhubung di televise dengan kabel  socket dinding yang terhubung dengan antenna atau jaringan lain, maka perangkat tersebut aktif dan bisa anda manfaatkan.

Jenis jenis socket biasanya ahadir sebagai pelengkap perkakas electrical rumah anda seperti Telephone Wall Socket dan Tv socke

Saklar

Banyak yang menyebut jika saklar adalah stop kontak, namun pastikan apakah nama tersebut memang benar itu. Dan jawabannya adalah,. Saklar dan stop konta berbeda. Begitu juga fungsi , saklar adalah sebagai pemutus arus listrik. Jika Stop kontak adalah penyedia atau sarana arus listrik tersebut akan dilahirkan.

Cara menggunakan Sakalar

Cukup tejan kea rah permukaan, dan lampu atau perangkat listrik lainnya akan menyala. Dengan syarat kabel listrik sudah terhubung. Jika belum maka bisa anda lakukan pemasangan kabel terlebih dulu. Saar pemasangan kabel pastikan sumber listrik dalam keadaan mati atau tidak teraliri listrik.

Banyak sekali yang jual saklar listrik  dan Jenis saklar terdiri dari Saklar seri Outbrow Saklar Enkel, Steker + saklar yang mepunyai

Leave a reply "Jenis Colokan Listrik, Saklan, Stop Kontak dan Cara Menggunakannya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Author: 
    author