Kapadokia, Kota Di Turki Yang Mirip Negeri Dongeng

1512 views

kapadokiaMelihat keindahan sebuah kota memang menyenangkan saat kita pergi melihat detail setiap sudutnya. Namun, kalau di Kapadokia, Turki, lebih sensasional saat kita melihat panorama kota dari ketinggian. Lebih spesialnya lagi karena kita akan menggunakan balon udara.

Kapadokia menjadi andalan pariwisata Turki. Wisatawan mancanegara berbondong-bondong mengunjungi kota yang memiliki banyak bangunan batu-batuan yang masuk dalam situs cagar budaya dunia.

Dalam situs Fodors.com dise-butkan, ada lima alasan bagi kita untuk mengunjungi Kapadokia, nama kota yang sebenarnya memiliki arti “tanah para kuda-kuda cantik”. Nomor satu tentu saja keberadaan balon udara itu. Setiap pagi sebelum matahari terbit, ratusan balon udara dipanaskan dan siap terbang ke langit Kapadokia. Masing-masing balon udara membawa belasan penumpang. Mereka akan berkelana kurang lebih satu jam melihat formasi bebatuan di Kapadokia.

Alasan ke dua mengunjungi Kapadokia, kota itu merupakan tempat wisata yang komplet. Kapadokia akan membangkitkan ingatan kita pada negeri dongeng, yang di saat lain memukau dengan panorama bulan, dan tentu saja keberadaan gua batunya mengingatkan pada Flinstones.

Gua-gua di Kapadokia bahkan sudah bisa dihuni dan dilengkapi dengan fasilitas mulai dari setingkat bintang lima sampai hostel. Wisatawan dengan bujet berapa pun bisa mengaksesnya. Urusan kuliner tentu saja menjadi alasan ke tiga. Kuliner yang paling khas di Kapadokia adalah menu sarapan. Sarapan tradisional Turki berupa keju, roti, buah zaitun, tomat, ketimun, telur, selai, dan madu. Semuanya segar. Kita juga akan disuguhi teh Turki berupa teh hitam pekat.

Jangan lupa mencoba kebab. Di Kapadokia, kebab yang khas adalah testi kebab yang disajikan di mangkuk dari tanah liat. Selain itu, wilayah itu juga memiliki banyak kebun anggur sehingga terkenal juga akan varian minuman anggur.

Kapadokia juga cocok untuk relaksasi. Itulah yang menjadi alasan ke empat. Kapadokia bukanlah kota yang bertempo cepat, suhu udaranya sedang saja. Wisatawan bisa saja hanya berdiam diri menghabiskan waktu di teras luar atau di dalam gua.

Untuk relaksasi yang lebih memanjakan tubuh, ada layanan di sana yang disebut mandi ala Turki, tradisi yang ada sejak lama. Misalnya, masker lumpur, sauna, pembersihan pori-pori, dan pijat yang khas.

Nah, sudah cukup bersantainya, di Kapadokia juga ada aktivitas yang lebih memompa jantung. Karena merupakan tanah para kuda-kuda cantik, aktivitas luar ruang yang banyak ditawarkan di sana adalah mengendarai kuda. Ada pula aktivitas panjat tebing gua.

Dilansir dari situs Goturkey.com, Kapadokia adalah kota yang sudah terbehtuk sejak 3.000 SM. Panorama vulkanis yang unik didapatkan dari erosi lapisan vulkanik yang telah dihasilkan dari erupsi gunung Erciyes, Hasandag, dan Gulliidag sekitar 60 juta tahun yang lalu.

Kota itu pernah menjadi pusat umat Kristen yang menyingkir dari Kekaisaran Romawi saat periode Het. Mereka bersembunyi di rumah dan gereja yang dipahat di dalam batu-batuan. Di dalamnya pun diukir lukisan dinding yang menghubungkan masa lalu dan masa kini.

Di rumah dan gereja di dalam batuan itu, ada formasi yang disebut seperti cerobong asap negeri dongeng. Bentuk itu sudah ada lebih dari jutaan tahun dan merupakan salah satu desain alam yang paling cantik.

Beberapa koleksi peninggalan era itu disimpan di Goreme Open Air Museum. Bahkan, museum menyimpan gereja-gereja yang dipahat di batu yang jumlahnya lebih dari 250. Di antaranya adalah Tokali Kilise, Rahibeler Manastiri, Yilanli Kilise, dan Chapel of St Barbara, yang semuanya bisa dikunjungi wisatawan. Peninggalan yang merupakan bagian dari sejarah alam dan sejarah budaya, bila dirawat dengan baik, memang akan menjadi tujuan wisata yang mengagumkan. Dimodifikasi dengan fasihtas modern, jadilah kunjungan wisata yang penuh sensasi seperti di Kapadokia. Sudah siap berkunjung ke sana?

Tags: #Balon #Kapadokia #Negeri Dongeng

Leave a reply "Kapadokia, Kota Di Turki Yang Mirip Negeri Dongeng"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.