Kementerian Pendidikan – Program Pengabdian SM3T

7908 views

Kementerian pendidikan, akan menyelenggarakan SM3T. Dimana para pemuda yang ingin menjadi pengajar akan tinggal di daerah-daerah tertinggal di Indonesia. Lokasi wilayah tersebut adalah wilayah yang masih belum tersedia listrik, penduduk buta huruf, daerah yang ketertinggalan ilmu pengetahuan.

Tujuan :

Membantu daerah 3T dalam mengatasi permasalahan pendidikan terutama kekurangan tenaga pendidik.

Memberikan pengalaman pengabdian kepada sarjana pendidikan sehingga terbentuk sikap profesional, cinta tanah air, bela negara, peduli, empati, terampil memecahkan masalah kependidikan, dan bertanggung jawab terhadap kemajuan bangsa, serta memiliki jiwa ketahanmalangan dalam mengembangkan pendidikan pada daerah-daerah tergolong 3T.

Menyiapkan calon pendidik yang memiliki jiwa keterpanggilan untuk mengabdikan dirinya sebagai pendidik profesional pada daerah 3T.

Mempersiapkan calon pendidik profesional sebelum mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Ruang Lingkup :

Melaksanakan tugas pembelajaran pada satuan pendidikan sesuai dengan bidang keahlian dan tuntutan kondisi setempat.

Mendorong kegiatan inovasi pembelajaran di sekolah.

Melakukan kegiatan ekstra kurikuler.

Membantu tugas-tugas yang terkait dengan manajemen pendidikan di sekolah.

Melakukan pemberdayaan masyarakat untuk mendukung program pembangunan pendidikan di daerah 3T.

Melaksanakan tugas sosial kemasyarakatan.

Kelebihan SM3T :
SM3T tidak lebih dari KKN atau yang sekarang di kenal dengan KUKERTA (Kuliah Kerja nyata). Meskipun demikian, namun dalam program SM3T ini di kelola oleh pemerintah, sehingga semua keperluan disediakan oleh pemerintah, mulai dari biaya transport PP ke lokasi, tempat tinggal, bahan makanan pokok, dan gaji. Selain itu peserta yang akan mengabdi akan diberikan beasiswa kuliah PPG (Pendidikan Profesi Guru).

Selain itu juga alumni SM3T akan diprioritaskan dalam seleksi CPNS, dan berhak menyandang gelar Gr yang berarti Guru Profesional. Selain mendapatkan gelar Gr mereka juga mendapatkan sertifikat pendidik yang artinya jika nantinya menjadi lulus menjadi PNS maka akan langsung mendapatkan tunjangan profesi satu kali gaji pokok.

Pendaftaran dibuka pada 9 Maret hingga 7 Juni 2015 melalui laman www.seleksi.dikti.go.id.

Pelamar bisa mendaftar di berbagai program studi yaitu :

– Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan;
– Pendidikan Sejarah;
– Pendidikan Ekonomi;
– Pendidikan Geografi;
– Pendidikan IPS;
– Pendidikan Sosiologi dan Antropologi;
– Pendidikan Bahasa Indonesia;
– Pendidikan Bahasa Inggris;
– Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi;
– Pendidikan Biologi;
– Pendidikan Matematika;
– Pendidikan Fisika;
– Pendidikan Kimia;
– Pendidikan IPA;
– Pendidikan Teknik Mesin;
– Pendidikan Teknik Otomotif;
– Pendidikan Teknik Elektro/Ketenagalistrikan;
– Pendidikan Teknik Elektronika;
– Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Boga;
– Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Busana;
– Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Rias;
– Pendidikan Luar Biasa;
– Pendidikan Guru Sekolah Dasar;
– Pendidikan Guru Anak Usia Dini;
– Bimbingan dan Konseling;
– Pendidikan Seni Budaya (Drama, Tari, Musik); dan
– Pendidikan Seni Rupa.

Persyaratan SM3T Tahun 2015

Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan identitas diri berupa KTP yang masih berlaku;

Lulusan program studi kependidikan S-1 (bukan transfer) tiga tahun terakhir (2013, 2014, 2015) dari program studi terakreditasi yang sesuai dengan mata pelajaran dan/atau bidang keahlian yang dibutuhkan, dibuktikan dengan fotokopi ijazah yang telah disahkan (legalisasi).

Peserta harus tercatat di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Berusia maksimum 27 tahun per 31 Desember 2015;

IPK minimal 3,00 yang dibuktikan dengan fotokopi transkrip nilai yang telah disahkan (legalisasi);

Berbadan sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter;

Bebas dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (napza) yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) dari pejabat yang berwenang;

Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dikeluarkan oleh Polres/Polresta; dan

Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti Program SM-3T dan PPG, yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai 6000 rupiah.

Belum pernah mengikuti program SM-3T pada tahun sebelumnya dan sanggup mengikuti program PPG yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermeterai.

Bukti persyaratan nomor 1) s.d. nomor 9) dibawa pada saat tes wawancara. Khusus lulusan tahun 2015 yang belum memiliki ijazah dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) yang ditandatangani dan/atau diketahui Pembantu/Wakil Rektor Bidang Akademik, sedangkan ijazah asli wajib ditunjukkan pada saat wawancara.

Jadwal Penting Pendaftaran SM-3T Angkatan V

Pendaftaran Peserta secara on-Line : 9 Maret 2015 pukul 07:00 WIB – 7 Juni 2015 pukul 23:59 WIB

Pengumuman hasil seleksi administrasi dan pengumuman jadwal tes online : 10 Juni 2015

Tes Seleksi (secara online) 20 – 21 Juni 2015

Pengumuman hasil tes seleksi dan undangan wawancara di LPTK : 27 Juni 2015

Seleksi Wawancara di LPTK : 3-5 Juli 2015

Silahkan mendaftar Online melalui situs http://seleksi.dikti.go.id/sm3t

  1. author

    Prasty Dwi Anggada Sari2 years ago

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Selamat malam Bapak/Ibu
    Saya ingin sekali mengikuti program SM-3T,tapi ketika saya ingin memilih universitas dimana saya telah lulus, saya tidak menemukan universitas tersebut. Saya lulusa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi, yang sekarang kabarnya sudah menjadi IAIN Bukittinggi. Apakah Universitas saya tidak termasuk ke dalam Universitas yang dipilih untuk program ini Pak/Buk? Saya mohon penjelasannya Pak/Buk. Terimakasih.

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      Waalaikumsalam, untuk program SM3T perguruan tinggi negeri atau universitas negeri pasti ada, karena terdaftar di negara.
      1. Pastikan dulu nama kampusnya sekarang apa.
      2. Setelah itu, coba liat lagi secara teliti di pendaftaran masukan universitas PTN ada di pilihan No.1

      Semangat ya prasty ^^

      Reply
    • author

      erni laswinda2 years ago

      betul sekali kak, kenapa kampus kita tak terdaftar ya??
      padahal seluruh PTN dan PTS d seluruh Indonesia terdaftar.

      Reply
      • author
        Author

        Elsa2 years ago

        Nama perguruan tinggi yang terdaftar dipemerintah namanya apa? Jangan nama sebutan sehari-hari tapi nama resminya.
        Jurusan yang ada program pendidikannya apa aja?
        Nanti saya kirim surat elektronik untuk ditanyakan

        Reply
  2. author

    rizki arafah2 years ago

    Assalamualaikum
    Saya ingi menanyakan. Apakah program ini dapat diikuti oleh mahasiswa semester 6 mau semester 7 universitas mulawarman prodi pendidikan anak usiadini??

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      Waalaikumsalam, belum bisa. Tahun depan dicoba.
      Kuliah dulu beresin, biar lebih enjoy.
      Semangat!

      Reply
  3. author

    Desi2 years ago

    Assalammualaikum
    Maaf ya,saya pengen bgt ikutan,tp umur d dlm ijazah saya tu udah lewat dr 27 boleh nggak ikutan.

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      Waalaikumsalam, ga bisa teh maksimal 27 tahun

      Reply
  4. author

    maria2 years ago

    Maaf,,,
    Lokasi di mana ini???

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      Dari setiap provinsi bisa

      Reply
  5. author

    Rahmi Kurnia Putri2 years ago

    Aslm…saya mau tanya buk/pak.
    Apa jurusan nonkependidikan boleh mendaftar?

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      Waalaikumsalam, tidak bisa teh.
      Soalnya tidak diberikan matakuliah khusus untuk mengajar.

      Reply
  6. author

    Monalizha2 years ago

    Assalamualaikum wr.wb
    Selamat sore Bapak/Ibu
    Saya ingin sekali mengikuti program SM-3T…. tpe saya tamatan D3 perbankan syariah STAIN Syech M.Djamil Djambek Bukittinggi yg tmat thn 2014 Pak/Ibu… tpe saya lihat syarat nya diatas untuk tamatan S1…? Apakah saya bisa mengikuti seleksi SM-3T ni Pak/Ibu…? Saya mohon penjelasan nya Pak/Ibu… Terimakasih

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      Waalaikumsalam, untuk program ini selain harus S1 harus dari jurusan pendidikan

      Reply
  7. author

    asih kurniasari2 years ago

    Assalaamu’alaikum, ibu program ini adanya tahun ini saja atau tahun depan juga ada? Saya ingin ikut serta tapi belum lulus, dan lama pelaksanaannya berapa bulan ya? Tetimakasih

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      Waalaikumsalam, saya belum ibu-ibu hehe
      Tahun kemarin ada, semoga tahun depan juga ada. Sesuai dengan kebijakan pemerintah.
      Waktu pelaksanaanya tergantung kebijakan dan kebutuhan tiap daerah. Jadi berbeda-beda.
      Namun bila telah menjadi PNS, masanya hingga pensiun.

      Reply
  8. author

    yohanes2 years ago

    Salam sejatera
    saya yohanes, umur saya 33 tahun
    apakah sy masih boleh melamar?
    Mohon informasinya
    terima kasih

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      Salam juga pak yohanes, belum bisa maksimal 27 tahun ^^

      Reply
  9. author

    rafiqoh permata2 years ago

    Saya lulusan s1 psikologi. Padahal bisa untuk masuk k bagian bimbingan dan konseling. Atau pendidikan luar biasa. Tp harua dari lulusan kependidikan.. Jadi tidak bs mendaftar.. Kampus saya univeraitas medan area terdaftar tapi karena bkn prodi pendidikan atau bimbingan dan konseling jd tdk ada plihannya

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      Pada dasarnya lulusan psikologi meskipun memiliki matakuliah pendidikan psikologi tidak diperuntukan untuk menjadi seorang guru. Namun meskipun demikian ada beberapa sekolah swasta yang masih menerima lulusan psikologi untuk menjadi guru. Tetapi untuk menjadi guru PNS harus lah dari pendidikan, olehkarena itu tidak bisa.

      Tapi di CPNS tahun kemarin, masih ada sekolah negeri dibeberapa daerah yang memperbolehkan lulusan psikologi menjadi guru BK dengan syarat telah mengikuti sertifikasi keguruan.

      Reply
  10. author

    Taufik walhidayah2 years ago

    Saya tertarik untk mndftar..ttpi saya alumni biologi sains..apa bisa mngikuti seleksi?? Mohon balasannya.. Terimaksih

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      Belum bisa, minimal dari S1 pendidikan

      Reply
  11. author

    Annisa2 years ago

    Assalam ‘alaikum…
    Pd dasarnya masalah saya sama dengan yg diutarakan oleh bbrp teman diatas, perguruan tinggi tempat saya jg tdk terdaftar, namanya STAI PATI, kopertais wil jateng, sy sudah cek dan pastikan memang benar blm ada, mohon bantuannya, jk bisa, untuk dtambahkan agar qt ikut berpartisipasi untuk ikut mrndaftar. Trimakasih.
    Wassalam….

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      Untuk pendidikan ada jurusan apa saja?

      Reply
      • author

        Annisa2 years ago

        Saya sendiri di PAI/ tarbiyah… Bgmn Sist?

        Reply
        • author
          Author

          Elsa2 years ago

          kebetulan saya alumni unisba, ada jurusan tarbiyah. Saya cek di unisba tarbiyah ada. Nah coba mba annisa tanyakan kepada kampus, nama resmi dari STAI PATI itu apa? atau menginduk ke universitas mana?

          Reply
          • author

            Annisa2 years ago

            Semua sudah benar kox Mbak, tp memang tdk terdaftar. kcewa.

  12. author

    jhony2 years ago

    Masa bakti program ini brp thn?? Thx

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      kurang lebih 1 tahun, tapi kalau berminat jadi PNS sampai pensiun

      Reply
  13. author

    Purnama Siregar2 years ago

    Assalamualaikum… Maaf mba, saya alumni 2012 dan jg lulusan pendidikan agama islam… Bisa ga mba ikut ?

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      Waalaikumsalam, sudah ga bisa harus lulusan 2013-2015

      Reply
  14. author

    hosnol2 years ago

    Mbak kegiatan ini berlangsung sampai berapa tahun?

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      kurang lebih 1 tahun, tapi kalau berminat jadi PNS sampei pensiun

      Reply
  15. author

    evan2 years ago

    assalamualaikum
    di daerah probolinggo jawa timur dan sekitarnya mungkinkah masih ada daerah yang belum tersedia listik.
    jika ada insyalah saya bersedia mengikuti perogram SM-3T

    Reply
  16. author

    Riena puspasari2 years ago

    assalamu’alaikum mba..saya nana. berusia 24 tahun. pngen coba program ini di jambi. bisa gak yah? dan apa nanti wawancara nya di dikti pusat atau gmana mba? dan 1 lg. yg harus terdaftar di PDDIKTI mksud nya gmana? hihi.. maaf banyak tanya.. makasi ya..

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      Waalaikumsalam, gpp banyak juga hhe.
      1. Bisa daftar asal sesuai dengan kriteria
      2. Untuk wawancara nanti tempat disesuaikan dengan kebijakan. Sampai saat ini belum ada keputusan untuk wawancara dimana. Karena masih penyaringan pendaftar.
      3. Setiap kampus yang terdaftar di dikti otomatis alumninya sudah tercatat pula dan bisa daftar asal sesuai dengan kriteria

      Reply
  17. author

    fufu2 years ago

    bagai mana jika ada yang ingin mendaftar tetapi bukan lulusan dari jurusan pendidikan…

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      Belum bisa bos

      Reply
  18. author

    ema sari2 years ago

    Semuanya utk tenaga pengajar ya? Kalo untuk tata usahanya gk ada ya karna saya jurusan manajemen pendidikan

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      tata usaha belum ada teh

      Reply
  19. author

    nova sus2 years ago

    Kalau tamatan s1 pendidikan luar sekolah bisa gak tuh kak???trus syrt mengikuti nya pake akte kelahiran juga gak tu kak….scra lau mau ikut tes cpns aja lau udh lulus hrus liatkn akte kelahiran…

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      Jika sesuai dengan persyaratan diatas bisa mendaftar.
      Namun pada dasarnya, lebih baik membuat akte kelahiran. toh masih bisa sekarang juga, walau terlambat tapi gpp 😀

      Reply
  20. author

    Enita2 years ago

    Assalamu’alaikum Wr. Wb, Kak Elsa, saya tamatan pendidikan bahasa inggris tahun 2013, dari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim , Riau. Kok gak ada (terdaftar) di PTN seluruh Indonesia? Padahal PTS di Pekanbaru terdaftar semua… Yang mewakili PTN dari Riau hanya Universitas Riau Saja… Berarti gak bisa daftar dong kak?

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      Waalaikumsalam, niversitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim nama terdaftar di pemerintah apa? atau afiliasi dengan kampus mana? karena ada beberapa universitas yang memiliki nama berbeda tetapi dalam satu yayasan / anak perusahaan. Jika demikian masukan saja universitas induknya

      Reply
  21. author

    Desy Mery Christin2 years ago

    Salam..
    Saya desy, lulusan 2013 namun setelah lulus kuliah saya belum perna mengajar di sekolah saya bekerja di perusahaan sampai sekarang. Tp saya ingin mengikuti program ini. Apakah bisa walaupun saya belum perna mengajar di sekolah? Mohon di jawab.
    Thanks.

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      Salam juga mba desy.
      Bisa, asal sesuai dengan kriteria.

      Reply
  22. author

    mahrun2 years ago

    aslamulaikum mba say llulusan administrasi bisnis tapi saya tidak bisa daftar karena urusan saya tidak ada di draf jurusan bagaimana solusinya?

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      Waalaikumsalam, jurusan yang dibutuhkan adalah lulusan dari pendidikan. Selain non pendidikan tidak bisa ikut berpartisipasi

      Reply
  23. author

    aizhat alfadillah2 years ago

    asslm. SM3T. Saya aizhat. Sy lulusan dr institut jur. Pend. Fisika tahun 2013 dan Saya mengajar dr 2013 di NTT. tp skrg saya berdomisili diBima. Saya ke pengen sekali ikut SM3T tp kendala saya sm IPK yg tidak mencapai 3.00. Apakah saya bisa ikut mendaftar atau tidak. Terimakasih

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      waalaikumsalam, jika tidak sesuai dengan persyaratan yang tercantum maka secara administratif tidak akan lolos. Namun jika berminat dan penasaran silahkan dicoba

      Reply
      • author

        chrie2 years ago

        asslm.
        saya berminat mengikuti program SM3T tapi kampus saya tidak terdaftar, namanya sekolah tinggi agama islam negeri kerinci, apa yang mesti dilakuin y mbk?
        sedangkan syarat2 yg lainny terpenuhi.

        Reply
  24. author

    Heni2 years ago

    Koq jurusan PAI gk ada mbk??kira2 bsa ikut gak nih

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      Untuk pai tidak ada, namun untuk tarbiyah pg paud ada

      Reply
  25. author

    hendy2 years ago

    Syalomm.. Untuk Wilyah kalimantan tengah Univeraitas palangkaraya (UNPAR) Kenpa tidak sya lihat di daptar universitas yang di tentukan. Mohon jwabannya T.ksih.

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      salam juga, ada jurusan pendidikannya ga?

      Reply
      • author

        Roza siahaya2 years ago

        Slmt siang ibu,,,, sya sangat berminat untuk mengikuti program ini,,, tpi saya sdh menikah,,,saya lulusan fakultas ekonomi akuntans,,, bgmn ap bisa

        Reply
        • author
          Author

          Elsa2 years ago

          Siang juga, maaf tidak bisa bu

          Reply
  26. author

    arifin2 years ago

    saya ingin sekali mendaftar, saya lulusan pendidikan matematika dari Institut agama islam negeri tulungagung, tapi koq nggk terdaftar ya perguran tinggi tersebut,. dan ada beberapa perguruan tinggi berbasis islam yg tidak ada di list,. bagaimana ya caranya daftar kalau perguruan tingginya saya aja tidak tercantum di list?

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      Coba tanyakan kepada kampus, nama yang terdaftar di pemerintah nama kampusnya apa

      Reply
  27. author

    Mimi Jamilah2 years ago

    assalamualaikum. wr.wb ? k’ Elsa mf mau tanya, saya sekrng Sem 8, jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di STKIP BINA MUTIARA SUKABUMI,sbntr lagi lulus..bisa ikutan SM-3T gak k’? hatur nuhun 🙂

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      Waalaikumsalam, belum bisa. Tahun depan aja daftar lagi semoga ada 😀

      Reply
  28. author

    hermanto2 years ago

    dmn lihat pengumuman berkas….

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      di web yang sama

      Reply
  29. author

    anna priyanti2 years ago

    sist saya mash bs daftar? saya telat sehari 🙂

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      ga bisa say, tahun depan berati 😀

      Reply
  30. author

    hermanto2 years ago

    carax liat web dmn spya kt tw lulus atw tdk

    Reply
  31. author

    SAEFUL2 years ago

    maaf admin,kenapa ya kok saya tidak lulus seleksi administrasi apa saya salah entri data atau gmana? padahal IPK saya diatas 3, atau karena prodi saya akreditasi C.

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      Wah kalau itu bukan bagian saya mas. Bisa jadi salah entri atau karena prodi akreditasi C. Soalnya dapet kabar taun sekarang lagi banyak banget yang daftar, jadi makin banyak bersaing

      Reply
  32. author

    Ros2 years ago

    pndaftrannya dibuka berapa kali dlm setahun?
    pendftran SM3T dibuka dr bulan apa biasanya?

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      tahun kemarin ada, tahun sekarang ada, tahun depan tergantung kebijakan dari pemerintah pasalnya di Indonesia tiap meneteri atau beda presiden beda kebijakan dan beda program. Tapi semoga masih ada tahun depan ^^

      Reply
  33. author

    suci2 years ago

    Mau tnya boleh?
    Ini hanya untuk univ negri saja.? Saya dari univ. Wijaya kusuma surabaya. Bisa gak ya? Udh niat ikut sejak tahun lalu 🙁 belum lulus sih. Cuma pengen tau biar kalo gak ada bisa minta konfrim k kepala jurusan

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      swasta juga bisa teh, tapi kalau sekarang udah tutup 😀

      Reply
  34. author

    Dian Eka Utari2 years ago

    Assalamualaikum,
    saya sudah mengikuti selesksi tes online sm3t,
    yang ingin saya tanyakan,ada berapa kampus di seluruh indonesia yang dijadikan sebagai tempat seleksi tes online sm3t?

    Reply
    • author
      Author

      Elsa2 years ago

      Waalaikumsalam, ada banyak teh. bisa diliat langsung di website nya ketika mendaftar

      Reply

Leave a reply "Kementerian Pendidikan – Program Pengabdian SM3T"

Author: 
    author