Kini SKCK Bisa Dibuat Secara Online Lho!

243 views
Mau Daftar CPNS? Begini Tahapan Membuat SKCK Online dan Offline

Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau lebih dikenal dengan SKCK merupakan surat yang terbilang sangat penting yang harus dimiliki masyarakat Indonesia. Pasalnya surat yang dulu lebih dikenal dengan Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) ini merupakan sebuah dokumen yang diperlukan dalam beberapa hal yang menyangkut kenegaraan atau administrasi. Seperti hal nya ketika kita hendak melamar pekerjaan, pendaftaran studi atau sekolah di dalam maupun luar negri, sebagai pelengkap administrasi Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS), bahkan untuk pencalonan diri sebagai pejabat.

SKCK sendiri memiliki masa berlaku selama 6 bulan, jika SKCK telah kadaluwarsa atau habis masa berlakunya, anda bisa memperpanjang tersebut di Polsek atau Polres setempat. Stigma masyarakat yang melekat pada proses pembuatan SKCK dinilai rumit dan ribet, hal ini terjadi karena sebagian besar masyarakat belum terlalu memahami syarat syarat serta dokumen yang harus dilengkapi ketika hendak membuat SKCK. Surat ini hanya bisa diterbitkan oleh Kepolisian Sektor (POLSEK), Kepolisian Resort (POLRES) tergantung dari keperluan surat tersebut. Adapun dokumen yang diperlukan untuk membuat SKCK meliputi :

  • 1x Fotokopi KTP atau Fotokopi SIM
  • 1x Fotokopi Kartu Keluarga
  • 1x Fotokopi Akte Lahir atau Ijazah terakhir
  • 6x Pas Foto berukuran 4×6 dengan background merah

Dokumen dokumen tersebut merupakan syarat yang wajib dibawa ketika membuat SKCK, dan jangan lupa surat pengantar dari kelurahan juga adalah salah satu dokumen yang mesti dibawa. Surat Pengantar ini diterbitkan oleh kelurahan, akan tetapi sebelumnya anda harus meminta surat pengantar lainnya yang berasal dari Ketua RT dan Ketua RW setempat.

Kini dengan seiring perkembangan zaman, teknologi dalam pembuatan SKCK pun turut melangkah maju. Perkembangan teknologi memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin membuat SKCK hanya dengan menggunakan smartphone saja. Website dari Kepolisian Republik Indonesia ini disediakan untuk masing masing domisili nya seperti :

Website website tersebut merupakan website resmi milik Kepolisian Republik Indonesia agar anda dapat lebih mudah dalam melakukan proses pembuatan SKCK. Syarat dan dokumen yang diperlukan dalam pembuatan SKCK secara online ini tidak jauh berbeda dari syarat serta dokumen yang dibutuhkan dalam pendaftaran secara offline atau konvensional. Bedanya, jika pendaftaran secara konvensional memerlukan dokumen dalam bentuk fisik, pendaftaran online ini hanya membutuhkan file dari dokumen dokumen tersebut yang telah di scan. Tetapi anda tetap perlu datang ke Polda atau Polres setempat untuk verifikasi dalam pengambilan SKCK jika surat tersebut telah diterbitkan, dan jangan lupa disaat verifikasi tersebut anda juga harus tetap membawa fotokopi dokumen dokumen tersebut. Untuk lebih jelasnya, inilah dokumen dokumen yang diperlukan dengan cara membuat SKCK Online :

  • Scan KTP / SIM
  • Scan Kartu Keluarga Asli
  • Scan Akte Lahir / Ijazah Asli
  • Scan Foto berukuran 4×6 dengan latar merah
  • Scan Paspor ( opsi ini diperlukan jika anda pergi keluar negeri)

Leave a reply "Kini SKCK Bisa Dibuat Secara Online Lho!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.