Mengenal Pengaruh Hormon Pada Tubuh

1149 views

pengaruh-hormon-pada-tubuhMasing-masing hormon memiliki fungsi berbeda, tapi hormon satu dengan yang lain saling bekerjasama, termasuk merangsang dan menghambat pelepasan hormon lain. Berbagai jenis hormon yang terdapat dalam tubuh, adalah sebagai berikut:

Area Otak

Hormon Kortisol

Hormon kortisol berfungsi mengatur kadar stres dalam pikiran dan tubuh. Pada kondisi stres yang terjadi bertubi-tubi, hal ini dapat mengacaukan prosedur alami peluncuran kortisol oleh hypothalamus. Sehingga, kortisol hadir dalam jumlah yang terlalu sedikit dan membuat orang yang mengalaminya merasa lelah.

Hormon Melatonin

Saat matahari terbenam dan hari berganti malam, kelenjar pineal pada otak mulai mengeluarkan hormon aktivasi tidur dan semakin meningkat pada jam-jam tertentu. Hormon ini dapat bekerja maksimal dalam kondisi gelap, di mana tubuh dipersiapkan untuk beristirahat. Karena itulah, tidur menggunakan bantuan cahaya tidak dianjurkan.

Hormon Oxytocin

Hormon oxytocin atau oksitosin dikenal sebagai hormon kasih sayang, yang muncul saat menyentuh seseorang. Level oksitosin yang tinggi dapat meningkatkan hasrat bercinta, kepercayaan terhadap seseorang, mengurangi stres pada bagian punggung, dan menurunkan tekanan darah. Uniknya, oksitosin juga dapat mengacaukan memori. Inilah mengapa saat berbaikan, dianjurkan bersalaman dan berpelukan, agar dapat melupakan perselisihan yang terjadi sebelumnya.

Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid atau thyroxine (T4) dan triiodothyronine (T3) melalui pemanfaatan asupan yodium, serta dibantu oleh kelenjar pituitari. Hormon ini berfungsi sebagai pengatur suhu internal tubuh, juga mengatur level metabolisme sehingga mengatur kerja organ-organ dalam tubuh dan energi tubuh. Pada anak-anak, kekurangan tiroid dapat menyebabkan pertumbuhannya melambat.

Untuk menjaga keseimbangan hormon tiroid, cobalah untuk menghindari bahan kimia bisphenol A atau BPA yang ada di dalam plastik berbahaya, seperti pada tutup plastik kopi siap minum, serta bahan metal merkuri yang biasanya ada dalam ikan tuna.

Ovarium

Hormon Estrogen Dan Progesteron

Ovarium pada wanita bertanggung jawab dalam produksi hormon seks wanita, yaitu estrogen dan progesteron yang secara bergantian diproduksi dan menyebabkan datangnya tamu bulanan. Hormonhormon ini dapat terganggu, jika terjadi peningkatan bobot tubuh, stres kronis, dan terekspos bahan kimia seperti BPA.

Hormon Testosteron

Hormon testosteron yang dihasilkan oleh kelenjar pituitary dan otak, bertanggung jawab terhadap libido pria, kekuatan otot, kepadatan tulang, serta metabolisme tubuh pria serta wanita.

Perut

Hormon Leptin Dan Ghrelin

Hormon pengatur rasa lapar yang menginformasikan pada tubuh, kapan saatnya makan dan kapan saatnya berhenti.

Hormon Serotonin

Hormon serotonin diproduksi di dalam pencernaan, namun juga bertanggung jawab terhadap kerja mood dan memori. Hormon serotonin disebut juga sebagai hormon untuk merasa senang yang sanggup juga memberikan kemampuan multitasking. Level serotonin yang rendah, cenderung mengakibatkan adanya perilaku obsesif dan depresi.

Tags: #Fungsi #Hormon #Tubuh