Menikmati Untung dari Manisnya Bisnis Kopi

621 views

morning-glory-coffeeDunia yang dipijak Natanael Charis tak pernah berdiri statis. Ia merasakan benar, bagaimana putaran roda kehidupan yang tentu berakibat pada cara menjalani hidup. Jika dulu ia coba menemukan sisi terbaik dari objek foto di depannya melalui jendela bidik, sekarang Nael, begitu ia biasa disapa, terus mencoba menemukan sisi terbaik dari secangkir kopi melalui indranya di bisnis kopi instant.

Berawal dari seorang tukang gulung kabel yang bekerja pada fotografer andal, karier Nael merangkak naik menjadi sang fotografer andal itu sendiri. Lewat serangkaian hubungannya dengan kopi, Nael mulai memantapkan diri menjadi penikmat kopi dan terjun di dalamnya tepatnya sepuluh tahun lalu.

Tak seperti pengusaha lain yang murni melakoni bisnis kopi, Nael berusaha meretas jalan berbeda. Ia turun ke petani, hingga seringkali berperan menjadi petani kopi, untuk menemukan bagaimana industri itu berjalan dari hulu hingga hilir. Di sana, ia menemukan bahwa industri kopi di Jawa Barat sempat morat-marit dan tak terdengar kabarnya sejak 1924 karena petani yang tak tahu bagaimana cara menghasilkan biji kopi yang baik serta kalangan swasta dan pemerintah yang belum menemukan celah untuk melakukan promosi. Padahal, secara historis, Jawa Barat tak bisa dilepaskan dari dunia peredaran kopi ratusan tahun silam.

Baca Juga : Kini Belanja Online Lebih Mudah

Bagi ayah tiga anak ini, kopi tak sekadar minuman hitam pekat, dengan rasa hangat dan nikmat di tenggorokan. Setiap memandang satu biji kopi berwarna cokelat di depannya, ia langsung teringat puluhan orang yang bekerja keras di baliknya. Untuk itu, ia menolak hanya berperan di bagian hilir untuk menjual atau memasarkan kopi. Ia ingin terlibat dari akarnya dengan memberikan edukasi kepada petani kopi.

Nael pun pernah mengambil kursus singkat soal kopi di Australia. Ternyata menarik saat pulang ke Indonesia pada 2004, ia memutuskan untuk memperdalam ilmu kopi. Apalagi saat itu di Indonesia, baru coffee shop impor yang unjuk gigi. Di Eropa, orang minum dari banyak cangkir kopi, sedangkan di Indonesia belum. Jadi, ia pikir, suatu saat kopi akan booming juga di tanah air. Bulan Desember 2006 lalu, ia membuka bisnis kopi Morning Glory di Setrasari, Bandung. Awalnya memang susah mencari kopi lokal yang enak dan bagus. Akan tetapi, karena ia ingin terus berbagi kopi enak yang tidak membuat sakit perut, ia teruskan saja. Selain sebagai pemilik Morning Glory Coffee Shop, Natanael Charis adalah Dirut PT. Charis Agrotama Sukses Makmur.

Tags: #Bisnis #Coffee Shop #Kopi #Morning Glory

Leave a reply "Menikmati Untung dari Manisnya Bisnis Kopi"