Pentingnya Fungsi Kemasan Dalam Memasarkan Suatu Produk

741 views

fungsi-kemasan-untuk-pemasaran-produkPelaku usaha kecil menengah (UKM) umumnya masih belum terlalu paham mengenai peranan kemasan dalam memasarkan suatu produk. Malahan menurut pengalaman beberapa pembimbing, pendamping, ataupun para tutor pelatihan UKM, ada kecenderungan pelaku UKM mengabaikan nilai penting kemasan. Untuk mereka, kemasan umumnya dianggap sekadar pembungkus produk.

Anggapan tersebut memang tidak salah, manfaat utama dari suatu kemasan adalah melindungi dan mengawetkan produk dari kerusakan atau pengaruh luar. Misalnya dari sinar ultraviolet, panas, kelembapan udara, oksigen, benturan, kontaminasi dari kotoran dan mikroba, dan berbagai hal yang dapat merusak ataupun menurunkan mutu produk.

Fungsi kemasan lainnya adalah sebagai indentitas produk, lewat desain, logo, merek, dan hal lain yang tertera dalam kemasan, mengomunikasikan kepada konsumen bahwa yang itu adalah produk Anda, bukan hasil dari produsen lain. Kemasan juga merupakan cara meningkatkan efisiensi dalam usaha Anda, misalnya dalam memudahkan penghitungan, pengiriman, dan penyimpanan produk.

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin ketatnya persaingan bisnis, kemasan lantas memiliki fungsi lain, yailu sebagai ujung tombak pemasaran. Kemasan suatu produk harus eyecatching (menarik perhatian) sehingga bisa menarik konsumen untuk membelinya.

Kemasan produk adalah satu diantara unsur utama yang memengaruhi banyak permintaan konsumen serta banyak penjualan pada produk UKM. Tetapi, banyak kaum entrepreneur di luar sana yang berpikir kalau kwalitas satu buatan dan bagaimana langkah pemasaran buatan itu kian lebih utama untuk tingkatkan penjualan bila dibanding dengan fokus pada kemasan produk.

Walau sebenarnya penting Anda ketahui kalau ada berbagai hal yang amat memengaruhi penjualan produk serta semua itu sama-sama berhubungan seperti kualitas produk, layanan, kemasan produk serta pula kiat pemasaran. Semua itu sama-sama menunjang pada yang satu dengan yang lain. Jadi, belum dapat di pastikan kalau produk yang mempunyai kualitas baik bakal memiliki banyak permintaan, terkecuali bila kalangan konsumen memang sungguh-sungguh membutuhkannya. Kemasan produk itulah yang butuh Anda fikirkan selaku satu diantara sisi dari kiat pemasaran.

Di bawah ini ialah berbagai peranan/fungsi kemasan produk untuk pelaku UKM yang utama untuk di ketahui oleh pembuat kemasan ataupun pemakai kemasan.

Kemasan buatan semacam pelindung
Kemasan buatan semacam daya tarik
Kemasan buatan semacam alat penanda
Kemasan buatan semacam alat promosi terselubung
Kemasan buatan semacam alat pemindahan
Kemasan buatan semacam brand image

Dengan kemasan produk yang menarik serta unik pula dapat membuat image atau citra suatu buatan/produk. Karenanya utama untuk kaum pebisnis mengenali fungsi utama suatu kemasan produk serta bisa mengaplikasikannya dalam usaha yang dijalankannya.

Tags: #Fungsi #Kemasan #Manfaat #Pemasaran #Pembungkus #Peranan #Produk

Leave a reply "Pentingnya Fungsi Kemasan Dalam Memasarkan Suatu Produk"