Perkembangan Raket Bulutangkis Dari Masa Ke Masa

692 views

raket-bulutangkisBulutangkis atau orang Inggris bilang badminton merupakan sejenis permainan olahraga yang menggunakan raket seperti halnya tenis. Keberadaan raket bulutangkis diawali serta diciptakan dari  materi berbahan kayu sekitaran 1960-an. Selanjutnya frame logam raket pun mulai popular ketika itu. Raket bulutangkis mulai memadukan kayu serta logam, yang memudahkan pemain untuk lebih dapat mengontrol shuttlecock (kok) serta poin sepanjang kompetisi. Diakhir 1960-an, raket bulutangkis dengan bingkai aluminium lebih popular saat itu. Hal tersebut memperkenankan beragam produsen raket dengan nama merk populer untuk membuat raket yang tidak sama dengan harga yang lebih murah. Mengakibatkan, pemain mempunyai beragam pilihan lalu bisa mendapatkan raket yang jitu serta selaras untuk mood mereka.

Sepanjang 1970-an serta selama  1980-an, raket bulutangkis dengan komposisi komposit karbon mendominasi pasar raket bulutangkis di mana bahan itu lebih enteng dari material terdahulu. Raket ini condong kurang tahan dari pada aluminium, namun produsen diberikan peluang untuk melakukan eksperimen dengan komposit yang tidak sama, seperti paduan serat karbon serta aluminium, yang selanjutnya nampak bahan memakai grafit pada 1990.

Ketika titanium dicampurkan ke bahan grafit kaum produsen sudah mendapatkan kombinasi bahan paling baik untuk raket bulutangkis dengan bahan enteng serta kemampuan paling baik. Dengan memakai raket itu pemain-pemain bulutangkis dapat menaikkan kontrol kok dan memberi kecepatan permainan bulutangkis mereka. Komposisi bahan ini memberi kemungkinan untuk lebih kuat serta erat meningkatkan kekencangan tali/string raket bulutngkis di banding memakai bahan aluminium.

Dengan diketemukan bahan pembuatan raket bulutangkis ini, jadi menarik bagi merk populer serta terkenal untuk memproduksi raket dengan mutu tinggi pada permainan squash, bulutangkis, serta tenis lapangan.

Bila kita memperhatikan jenis-jenis raket yang digunakan saat ini dapat dibilang hampir sempurna, walau peluang untuk selalu terjadi beberapa perubahan bakal senantiasa ada untuk menambah kenyamanan pemainnya. Jika dilihat pada umumnya berbagai perubahan mengenai raket bulutangkis dari saat awal membuatnya mencakup:

Frame/Bingkai Raket

Pada pertama kalinya frame atau bingkai raket bulutangkis menggunakan bingkai kayu. Tetapi pemain berupaya untuk mempunyai raket yang enteng/ringan untuk menambah kecepatan mereka di lapangan, serta mereka berpindah ke frame aluminium, lalu sesudah itu untuk raket yang lebih ringan memakai bahan serat karbon komposit.

Bentuk Kepala Raket

Bentuk raket bulutangkis tradisional yang oval sudah berganti ke bentuk lain, seperti isometrik serta berlian, atau berupa air mata. Ukuran isometrik menambah luasnya raket yang disebut dengan istilah “sweet spot, ” yakni daerah senar dimana pemain bisa menyajikan pukulan yang paling ampuh untuk shuttlecock (kok).

Senar Raket

Pada mulanya, senar bulutangkis dibuat dari bahan berupa usus alami hewan. Untuk menambah kekencangan senar serta pula untuk menambah kecepatan permainan, umumnya pemain memakai bahan sintetis seperti nilon yang lebih murah serta menyajikan kwalitas yang sama dengan senar alami.

Pegangan Raket

Pegangan pada raket bulutangkis pun sudah mengarah pada pemakaian bahan sintetis. Akhirnya raket tidak mudah terlepas dari pegangan tangan dan membuatnya nyaman di tangan. Oleh karena itu, tentu penting bagi Anda untuk memilih pen jual grip raket badminton terlengkap agar dapat memilih peralatan olahraga yang pas.

Demikianlah sejarah perkembangan raket bulutangkis dari masa ke masa.

Leave a reply "Perkembangan Raket Bulutangkis Dari Masa Ke Masa"