Piranha, Ikan Indah yang Jadi Buronan

2494 views

piranhaBarang siapa yang menemukan ikan Piranha harus segera mengambil tindakan-tindakan untuk memusnahkannya. Begitulah kira-kira inti dari surat Direktur Jenderal Perikanan No. E. 1/5/8/73 yang telah dikeluarkan pada tanggal 4 Juni 1973 lalu. Lebih lanjut dalam surat tersebut, para Gubernur diharapkan agar dapat mengambil tindakan yang perlu untuk melarang masuknya jenis ikan Piranha ke wilayah propiasi masing-masing. Bila ternyata telah ada yang lolos masuk, agar segera dimusnahkan serta sama sekali tidak diperkenankan membuangnya ke dalam perairan apapun. Dengan kata lain ikan Piranha telah menjadi buronan yang harus dicari dan dikejar untuk ditangkap dan dimusnahkan hingga sekarang.

Setali tiga uang dengan Dewan Ikan Hias Indonesia yang memberi peringatan kepada masyarakat tentang ancaman ikan Piranha dan ikan aligator lainnya yang disinyalir lolos ke perairan wilayah Indonesia. Tentu kita yang awam ini akan bertanya-tanya mengapa dan apa sebabnya ikan Piranha harus dimusnahkan, bukankah ia salah satu jenis fauna seperti kebanyakan fauna lainnya. Berbahaya, sangat berbahaya, itulah jawabannya.

Memang ikan Piranha ini merupakan ikan yang berbahaya tetapi tidak terlihat keganasannya kalau ia sedang berada di akuarium, indah dan menarik malah. Nah, jika ia sudah hidup dalam lingkungannya yaitu perairan umum seperti sungai, danau rawa atau waduk, timbullah sifat buasnya itu. Jangankan ikan-ikan kecil yang berada di dekatnya, seekor kerbau pun hanya dalam beberapa menit akan habis digerogotinya, bahkan juga manusia tidak segan-segannya sang Piranha ini melahap. Pokoknya ikan yang satu ini kalau dibiarkan hidup dan berkembang biak, kacau dan hancurlah kelestarian sumber daya air. Itulah sebabnya sang Piranha ini dimusnahkan.

Masyarakat dianjurkan pula untuk mencari dan kalau menemukannya segera melaporkan kepada petugas yang berwenang antara lain ke Dinas Perikanan setempat. Nah, agar tidak salah, Anda perlu mengetahui ciri-ciri dari ikan ini. Kalau sampai salah buron tentunya akan mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Dalam bahasa latin ikan ini dinamakan Serrasalmus sp, merupakan penduduk asli bagian selatan benua Amerika, terutama di sungai Amazon dan sekitarnya. Pada dasarnya. ikan ini termasuk jenis ikan kecil bukan pula tipe perenang cepat. Tetapi mereka dilengkapi dengan gigi-gigi yang sangat tajam, baik pada rahang atas maupun rahang bawahnya dan mempunyai sifat yang ganas. Kalau ada ikan atau hewan lain yang berdekatan, secara beramai-ramai, mereka akan menyerangnya, sekali gigit terlepaslah daging korbannya itu. Piranha merupakan jenis penghuni perairan tawar.

Badannya gepeng dan tinggi, tidak ubahnya seperti ikan petek atau peperek. Di alam bebas ukurannya bisa mencapai 50 cm. Pada bagian tubuhnya terdapat sisik berbintik-bintik hitam dengan warna dasar putih ke abu-abuan. Ada pula yang bagian badan sebelah atasnya berwarna abu-abu dan pada bagian tubuh ke arah perut berwarna ke putih-putihan. Gigi-giginya berbentuk segitiga dan berderet-deret sama kuatnya.

Nah, kalau Anda sudah mengetahui ciri-ciri ikan tersebut, diharapkan bantuannya untuk turut memusnahkan ikan yang satu ini. Tapi ingat jangan main hakim sendiri.

Tags: #Amazon #Buas #Ganas #Musnah #Piranha

Leave a reply "Piranha, Ikan Indah yang Jadi Buronan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.