Tips Memilih Restaurant Terbaik di Jakarta yang Halal

185 views

Konsumen makanan muslim di Indonesia, biasanya karena merasa muslim merupakan mayoritas yang berada di negara ini, mereka sering tidak sadar jika tidak semua restoran di Indonesia menyediakan makanan yang benar-benar halal, mereka juga tidak sadar jika walaupun makanan tersebut tidak menyediakan masakan babi atau minuman keras, ternyata penyajian makanan tidak sepenuhnya halal. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya pengetahuan si pengelola restoran atau pun konsumen. Oleh sebab itu menjadi sangat penting bagi konsumen mengetahui peraturan yang berlaku. Jangan hanya memilih restaurant terbaik di Jakarta, dan kurang memperhatikan kehalalannya.

Di Indonesia, tidak ada peraturan yang mengharuskan tiap restoran menyediakan makanan yang halal, selain itu tidak ada keharusan untuk memeriksakan kehalalan makanan yang disajikan di restoran tersebut, jika si restoran mengklaim menyajikan makanan yang halal, ia harus memeriksakan makanan ke MUI, jika si restoran memperoleh sertifikat halal, si restoran bisa mencantumkan logo halal.

Masalahnya di sini, pengelola restoran sering mencantumkan logo halal di restorannya, padahal restoran belum diperiksa oleh MUI, sebagai seorang konsumen, kita sendiri harus teliti dan sangat waspada, bila restoran tidak mempunyai sertifikat halal, ini artinya kehalalan dari makanan yang disajikan tidak akan ada yang menjamin, sayangnya hanya sedikit restoran yang mempunyai sertifikat halal. Oleh sebab itu pengetahuan kita yang harus lebih ditingkatkan sehingga dapat mengetahui mana restaurant enak di mall yang menyajikan santapan yang halal, dan mana yang tidak.

Sebenarnya, saat Anda memilih restaurant terbaik di Jakarta yang halal dengan menu bubur ayam spesial di Jakarta atau menu lainnya, ada beberapa tips yang bisa Anda jadikan sebagai pegangan, antara lain:

  1. Pilih restoran yang sudah memiliki sertifikat halal. Restoran yang sudah memiliki sertifikat halal berarti tidak perlu Anda ragukan lagi kehalalan makanan atau pun minumannya,
  2. Tanyakan sertifikat halal. Jika Anda masih ragu dengan kehalalan restoran, Anda bisa menanyakan, apakah sudah terdapat sertifikat halal atau belum,
  3. Hindari restoran yang menyajikan masakan yang diragukan kehalalannya, kecuali jika restoran tersebut sudah memperoleh sertifikat dari pihak berwenang.

 

Leave a reply "Tips Memilih Restaurant Terbaik di Jakarta yang Halal"

Author: 
    author