Tips Mengatasi Stres di Tempat Kerja

667 views

stres-di-tempat-kerjaSaat produktivitas menurun, sosialisasi dengan lingkungan kerja juga terganggu, maka bisa jadi Anda dalam kondisi stres. Jika sudah demikian, maka berhentilah sejenak, evaluasi apa yang yang menjadi penyebab stres sambil tak lupa terus motivasi diri kembali bersemangat.

Stres di tempat kerja merupakan hal yang kerap dialami oleh hampir seluruh karyawan. Jika stres di tempat kerja ini dibiarkan, maka akan mengganggu performa dan produktivitas kerja. Karena itu, Anda harus mengetahui gejala stres dan bagaimana cara mengatasinya.

Ada beberapa indikasi yang dapat dikenali ketika Anda sudah memasuki zona stres. Yang paling terlihat, tentu hasil dan kualitas kerja akan menurun, sosialisasi dengan rekan kantor atau bos juga akan terganggu dan bisa juga disertai dengan gangguan kesehatan fisik. Hal ini dikare-nakan beban pikiran, perasaan, dan fisik.

Selain itu, jika mood Anda sudah ,ulai naik turun, Anda menerima banyak komplain, fokus kepada pekerjaan berkurang dan merasa sulit untuk berinteraksi dengan orang lain, bisa jadi itu juga indikasi stres dalam pekerjaan.

Penyebab stres di tempat kerja bisa bermacam-macam, mulai dari karena jenuh atau masalah yang menimpa di kantor. Stres bisa muncul karena Anda tak bisa menyesuaikan budaya dan ritme kerja di kantor. Atau, bisa juga karena job desk yang diberikan tidak sesuai dengan sikap dan karakter yang Anda miliki.

Selain itu, hubungan dengan rekan kerja dan atasan yang tidak harmonis juga dapat memicu stres. Dan, yang juga tak kalah penting adalah management target. Ketika target yang dibuat terlalu tinggi dan tidak terpenuhi, tentu juga dapat menimbulkan stres. Karena itu kemampuan adaptasi sangat diperlukan. Ketika Anda menghadapi ritme kerja baru, job yang tidak sesuai, rekan kerja yang sulit dan target yang tinggi, kemampuan adaptasi mengambil peran penting. Jika Anda dapat menyesuaikan diri maka stres dapat diminimalisir.

Sedangkan untuk masalah target ketika target dirasa sudah tak dapat teraih, maka Anda harus bisa mengelola. Ubah menjadi target kecil jangka pendek. Kemudian baru meraih target yang lebih besar.

Jika stres sudah melanda, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengelola diri. Kenali apa penyebabnya, lalu evaluasi diri. Jika memang Anda merasakan kejenuhan, maka yang dibutuhkan adalah refreshing. Berhenti sejenak, lalu lakukan kegiatan yang membuat Anda senang. Anda bisa mengambil cuti satu hari untuk berlibur atau bisa juga dengan membaca buku dan mendengarkan musik. Charge diri Anda agar ketika kembali bekerja, diri Anda merasa segar kembali.

Jika tak ada waktu untuk cuti, maka Anda bisa juga melakukan hobi Anda. Berkumpul bersama keluarga, membaca buku, atau mengikuti pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan profesi Anda sebagai bentuk aktualisasi diri.

Atau, jika masalahnya adalah dengan pekerjaan, maka coba untuk sharing dan berdiskusi dengan pimpinan atau rekan kerja yang Anda percaya. Mintalah saran mengenai masalah Anda atau membantu mengevaluasi kinerja Anda. Setelah itu, tata lagi ritme kerja Anda dan jangan lupa untuk menyemangati diri. Menyemangati diri sendiri itu penting karena belum tentu orang lain bisa menyemangati Anda.

Yang paling penting adalah Anda mengenali diri Anda. Kenali apa yang memicu Anda stres dan apa yang membuat Anda bisa terhibur. Dengan begitu, Anda bisa mencegah stres muncul. Selain itu, jangan sungkan untuk meminta bantuan pada orang yang Anda percaya agar kesehatan psikis Anda tidak terganggu.

Tags: #Cara #Mengatasi #Stres #Tempat Kerja #Tips