Tips Menikmati Jamu di Alam Pegunungan

712 views

Tradisi minum jamu di kalangan masyarakat telah berlangsung lama. Namun, seperti apa wujud dan manfaat dari masing-masing tanaman jamu ternyata masih banyak masyarakat, khususnya kalangan anak-anak dan orang muda yang belum tahu. Misalnya, tanaman kumis kucing, kunyit, daun sirih, sere, kayu secang dan lainnya. Nah, bila ingin mengenal tanaman jamu, atau bahkan mencicipi jamu sekaligus bersantai menikmati pemandangan alam pegunungan nan sejuk, datanglah ke Wisata Kesehatan Jamu di Kalibakung Tegal.

Obyek wisata ini masih baru, dibuka pertengahan Mei 2014. Tak sulit untuk bisa sampai di tempat ini. Lokasi wisata ini terletak di desa Kalibakung Kecamatan Balapulang. Jarak tempuh dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Tegal (Slawi), kurang lebih 7 km, satu jalur menuju obyek wisata air panas Guci. Tempat ini mudah dikenali dengan adanya papan nama Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) yang mencolok.

Menempati lahan seluas 31 hektare, di tempat ini ditanami ratusan bahkan ribuan tanaman obat. Menarik, selain bisa mengenali beragam tanaman obat yang dipakai untuk bahan jamu, pengunjung disuguhi pemandangan alam yang indah dengan latar belakang pegunungan yang asri. Banyaknya tanaman hijau yang ditata dan dirawat dengan rapi dan resik, sehingga menyajikan pesona alam yang teduh, tenang dan segar. Dari sini pengunjung juga bisa melihat pemandangan kota Tegal yang terus bertumbuh.

Sebelum digarap menjadi wisata jamu, tempat ini sebelumnya dikenal sebagai arena untuk latihan menyelam dan pendidikan dasar nautika. Bahkan pada pada zaman kemerdekaan tempat ini dijadikan pusat pelatihan dan pendidikan TNI AL  Atas usul dan masukan dari puskesmas Kalibakung melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal tempat tersebut mulai direnovasi dan dikembangkan menjadi wisata kesehatan jamu. Pada tahun 2011 Presiden SBY pernah berkunjung ke sini.

Pasca kunjungan Presiden itulah obyek wisata ini terus dibenahi dan dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana, seperti restoran, pondokan. Pelayanan pengobatan alami menggunakan ramuan jamu serta jogging track yang bisa membawa kita berjalan-jalan di kebun jamu yang asri. Selain itu tersedia juga pelayanan klinik saintifikasi jamu yang dilakukan oleh tenaga terlatih. Jadi tunggu apa lagi? Mari ke Wisata Kesehatan Jamu Kalibakung untuk menikmati jamu di alam pegunungan.

Tags: #Jamu #Kalibakung #Obyek Wisata #Tegal #Tempat Wisata #Wisata Kesehatan Jamu #WKJ