Tips Menjelajah Bakat Pada Anak

518 views

menjelajah-bakat-pada-anakHampir semua orangtua yang memiliki kepedulian terhadap anak-anaknya, selalu menginginkan semua anak-anaknya tumbuh optimal sesuai potensi yang dimilikinya. Pertanyaan mengenai bakat pada anak, selalu menjadi kepenasaranan banyak orangtua terhadap anak-anaknya.

Yang terpenting bagi orangtua adalah dengan memberikan pendidikan yang tepat. Untuk itu, sebelum menggali bakat pada anak, sebaiknya kita pastikan bahwa sebagai orangtua telah memenuhi kebutuhan dasar anak yang paling pokok. Jika hal ini telah terpenuhi dengan baik, secara otomatis bakat dan kemampuan anak akan tergali dengan sendirinya.

Baca juga : Melahirkan Nyaman dengan Metode Persalinan Tanpa Nyeri

Orangtua mulai memperkenalkan pada berbagai hal menjadi salah satu cara untuk mengetahui minat, bakat anak, dan kemampuan mereka. Kepercayaan dan bimbingan dari orangtua akan memiliki peran yang cukup penting. Tugas “keayah-bundaan” memegang peran utama yang tidak dapat diabaikan. Bersama anak yang hebat, senantiasa bermuara dari orangtua yang hebat pula. Orangtua dapat tetap menjelajah seluruh kemampuan anak, sampai pada akhirnya mengerucut pada bakat yang menonjol di antara minat-minat yang lain.

Berikut adalah tahapan untuk mengembangkan bakat pada anak:

  1. Perkaya anak dengan bermacam-macam pengalaman dan perdalam pengalamannya. Semakin banyak dan makin bervariasinya hal-hal baru yang dialami anak dengan melihat atau mendengar, akan merangsang anak untuk mencoba berbagai hal.
  2. Diharapkan orangtua mendorong untuk merangsang semua minat anak. Dengan demikian orangtua dan anak dapat sama-sama memantau di mana kira-kira bakat anaknya. Tanpa pernah menjajaki berbagai macam bidang, sulit bagi anak untuk tahu potensinya.
  3. Beri penghargaan dan pujian untuk usaha anak, sekecil apa pun usaha tersebut pujian merupakan cara yang paling ampuh untuk memotivasi anak dalam berlatih atau pun belajar.
  4. Sediakan sarana yang cukup bagi perkembangan optimal bakat anak, sebab tanpa adanya sarana sebagai medium biasanya bakat akan kurang tampil dan termunculkan. Misal, anak dengan bakat musik, kita sediakan piano, maka piano dapat menjadi alat realisasi bagi pengasahan keterampilan bakatnya.

Baca juga : Mengenal Pengaruh Hormon Pada Tubuh

Faktor penting lain yang dapat memengaruhi tampilnya bakat pada anak, adalah:

  1. Motivasi, anak dengan kebutuhan khusus membutuhkan dukungan yang lebih besar mengingat hambatan yang dialaminya sebagai wujud dukungan dari orangtua.
  2. Nilai atau value, terkait dengan masalah pemaknaan. Anak yang menekuni bidang menyanyi dan menganggap bahwa menyanyi itu akan memberi arti dalam kehidupannya, maka bakat menyanyinya akan lebih berkembang.
  3. Konsep diri. Orang dengan konsep diri positif akan selalu yakin dengan apa yang sedang dilakukannya. Itu sebabnya sukses akan lebih mudah diraih. Keberhasilan yang didapatkan berdampak pada konsep diri si anak.

 

Tags: #Anak #Bakat #Bakat Anak #Menjelajah