Webinar, Menyelenggarakan Seminar Secara Online

1169 views

Perkembangan teknologi semakin pesat, apalagi di bidang IT dengan mudahnya dan murahnya koneksi ke jaringan internet. Saat ini banyak orang yang tidak perlu lagi repot-repot untuk datang ke kelas hanya untuk sekedar ikut les atau pelatihan karena itu semua saat ini bisa dilakukan secara online melalui webinar.

Webinar? Apa itu? Webinar adalah akronim dari web dan seminar alias menyelenggarakan seminar secara online. Jika seminar diselenggarakan di gedung, webinar digelar melalui web dengan video conference. Pembicara menyampaikan materi, menampilkan slide, dan berinteraksi dengan peserta melalui video dan sambungan internet.

Di layar webinar akan ada layar presentasi dan white board, pemateri yang berbicara, serta kotak chat tempat peserta bertanya dan saling sapa dengan teman. Sebelum presentasi, mentor akan memberikan link untuk masuk ruang webinar. Ketika waktunya tiba, peserta tinggal mengeklik link tersebut, menuliskan nama,dan menanti beberapa detik. Jika sambungan internet sedang ramah, peserta bisa segera masuk ke ruang webinar dan bertemu dengan teman-teman yang lain. Keuntungannya, tiap orang bisa belajar sambil selonjor, memangku anak, menyusui, atau ngemil.

Webinar bisa diakses melalui komputer, laptop, netbook bahkan telepon pintar. Namun disaranakn agar Anda (peserta webinar) menggunakan komputer/laptop/netbook agar fasilitasnya memadai. Ada kemungkinan beberapa software perlu diinstal dan mentor akan membantu. Kalaupun Anda terpaksa tidak bisa hadir di kelas akan ada rekaman yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun Anda membutuhkannya.

Masihbelum terbayang? Tenang saja, seminggu sebelum masuk kelas pelatihan, peserta akan dipandu terlebih dulu untuk melakukan uji coba sampai bisa. Banyak orang, terutama ibu rumah tangga yang mengaku gaptek, eh setelah mencoba ternyata mudah saja.

Teknologi webinar itu sangat bermanfaat untuk kelancaran pelatihan. Peserta pelatihan umumnya merasa senang bisa ikutan webinar. Itu dianggapnya sebagai pengalaman yang baru dan luar biasa. Berasa berada dalam kelas dan bisa berinteraksi secara personal dengan mentor dan teman-teman. Bisa saling komentar tanpa menimbulkan keributan dalam kelas. Bisa juga melihat respons teman-teman lain dan ditanggapi mentor. Apalagi ada rekamannya sehingga bisa diputar ulang jika ada yang terlewat.

Tags: #Online #Seminar #Web #Webinar

Leave a reply "Webinar, Menyelenggarakan Seminar Secara Online"